Top Social

Ini Langkah-Langkah Menerapkan HR Software Indonesia Saat Ini

Senin, 01 Oktober 2018
HR software Indonesia

Jika anda pertama kalinya beralih dari sistem HR software lama ke sistem HR software Indonesia yang baru, tantangan pasti akan muncul. Beradaptasi dengan sistem baru mungkin saja tidak begitu mudah, tetapi faktor-faktor tertentu dapat dipertimbangkan untuk memprediksi tingkat kesulitan keseluruhan implementasi. Dengan memahami faktor-faktor apa yang mempengaruhi implementasi tersebut, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk membuat implementasi berjalan semulus mungkin.

Kompatibilitas

Jika HR software baru tidak terintegrasi dengan sistem apa pun yang saat ini digunakan, penerapannya pasti saja akan sulit. Tidak mungkin, anda harus memasukkan data secara manual untuk melakukan transisi awal ke sistem baru. Sama seperti membuang waktu dan uang saja pastinya. Ketika berencana untuk menyimpan beberapa data yang ada, bisa jadi terjadi "data silos" yang dapat mengisolasi dan tidak dapat mengintegrasikan data. Selain kompatibilitas, HR software baru harus sesuai dengan cara penanganan HRD di perusahaan Anda. Jika harus menyewa atau onboard untuk menggunakan HR software baru, akan membutuhkan lebih banyak usaha dan waktu untuk menghidupkan dan menjalankan sistem.

Dukungan Implementasi

Jika vendor memberikan dukungan menyeluruh selama implementasi dan Anda memiliki departemen IT yang kuat untuk menangani tantangan teknis, hal ini akan memberikan waktu yang lebih mudah. Memiliki dukungan eksternal atau internal itu sangat penting. Pastikan memahami jenis dukungan apa saja yang akan diberikan vendor selama implementasi.

Organisasi Data

Data yang terorganisir dengan baik dapat membuat proses implementasi kerja bergerak lebih cepat. Ketika memasukkan data ke dalam HR software secara manual tentu saja dapat mengurangi jam implementasi kerja Anda. Ada baiknya ketika mengimpor data dari sistem lama, sebaiknya menjaga data tetap teratur dan relevan dengan menghapus file lama dan mempertahankan informasi yang tersimpan dapat membuat proses ini menjadi lebih mudah.

Antusias Karyawan

Karyawan-karyawan yang memiliki semangat tentang sistem baru, akan melakukan pekerjaan dengan cepat dan antusias. Namun, jika mereka tidak peduli dengan sistem baru, kemungkinan mereka merasa diremehkan. Sisi manusia dari sebuah implementasi kerja sering kali menyebabkan lebih banyak kesulitan daripada sisi teknis, jadi jangan anggap enteng karyawan.

Perencanaan

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk merampingkan implementasi kinerja, yaitu pertama mintalah bantuan para ahli ketika memilih HR software yang terbaik. Hanya untuk memastikan bahwa anda tidak salah dalam memilih HR software. Kedua, buatlah rencana untuk implementasi, konsultasikan dengan vendor sesuai kebutuhan yang diperlukan. Ketiga, pilih seorang pemimpin tim proyek yang akan meminta pertanggungjawaban setiap implementasi sistem yang dikerjakan. Keempat, pilih mediator konflik yang akan memutuskan bagaimana menangani ketidaksepakatan yang muncul selama periode implementasi. Kelima, persiapkan karyawan lebih tangguh ke depannya dengan menggunakan komunikasi dan pelatihan.

Artikel diatas telah memberikan informasi bagaimana langkah-langkah menerapkan HR software Indonesia saat ini untuk kebutuhan perusahaan anda. Siapkan dan rencanakan sebaik mungkin sebelum terlambat. LinovHR dapat membantu anda dalam menyiapkan langkah-langkah menerapkan HR software Indonesia saat ini. Produk HR software LinovHR memberikan kesempatan untuk bisnis yang lebih baik.
1 komentar on "Ini Langkah-Langkah Menerapkan HR Software Indonesia Saat Ini "
  1. hem.... nunggu besok punya perusahaan deh, baru diterapkan, btw kasih penjelasan dulu gitu mak, mungkin file ini fungsinya apa, trus latar belakang, dll... takutnya ada pemula kayak aku yang mau baca-baca jadi kurang faham hehehehehehe, #DuniaFaisol

    BalasHapus