Top Social

Ngobrol Bareng MPR RI Tentang 4 Pilar Kebangsaan Yang Kerap Kita abaikan

Sabtu, 27 Mei 2017
Empat Pilar MPR
Netizen Bandung, Ngobrol Bareng MPR RI

Assalammualaikum, jarang-jarang nih saya nulis tentang kebangsaan, dan ini jadi pertanyaan tersendiri buat saya “sebatas mana rasa nasionalisme yang saya miliki’’ Tapi saya yakin kok, bahwa saya memang punya rasa itu, contoh kecilnya ya dengan tidak bertidak diluar norma dan ketentuan hukum yang berlaku, tidak menentang kebijakan dan perundang-undangan juga tetap menghormati asas Pancasila sebagai landasan bernegara.

Seperti yang di kutip dari Sesjen MPR Ma'ruf Cahyono dalam sesi acara "Netizen Bandung, Ngobrol Bareng MPR RI" di Ruang Voltaire, Hotel Novotel, Bandung "masyarakat harus paham pada lembaga negara, serta paham akan wewenang dan tugas-tugasnya. Acara dipandu oleh Kepala Bagian Pengolahan Data dan Sistem Informasi Humas MPR, Andrianto yang dihadiri teman-teman blogger dari beberapa daerah seperti, Purwakarta, Cianjur, Cirebon, Tasimalaya, selaku pegiat sosial media mengapresiasi kegiatan acara seperti ini. 
Empat Pilar MPR
Netizen Bandung, Ngobrol Bareng MPR RI

Tujuannnya tidak lain bahwa sebagai instrumen kehumasan, para netizen mampu jadi penghubung MPR dengan masyarakat. Empat Pilar MPR bisa berkembang luas di masyrakat dan MPR memerlukan partisipasi pegiat media sosial untuk ikut menjembatani bagaimana MPR di mata masyarakat baik, serta memberi pemahaman bagaimana itu MPR yang mampu menjadi Rumah Kebangsaan. Program ini pun bertujuan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila ke dalam kehidupan sehari-hari.
Empat Pilar MPR
Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono

Sedangkan narasumber yang hadir selain Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono adalah Kepala Biro Humas Setjen MPR, Siti Fauziah, MPR Kepala Bagian Pemberitaan, Hulembaga, dan Layanan Inforformasi Biro Humas MPR, Rharas Estining Palupi, sebagai pemerintis pertemuan netizen kali ini. O, iya, pertemuan antara MPR dan para blogger ini sudah dirintis sejak dua tahun lalu, yang pertama berlangsung di Bogor, Solo, Jogjakarta, dan Jakarta. Untuk Bandung itu sendiri ini merupakan yang pertama di tahun 2017.

Empat Pilar MPR itu apa saja

1.Pilar Pancasila

Indonesia memiliki 19 000 pulau lebih, terdiri dari berbagai suku bangsa yang beraneka ragam adat-istiadat serta budaya dan agama. Seyogyanya kita harus mampu untuk saling menghormati segala bentuk perbedaan itu.

(Pasal 35) Menetapkan bendara Negara Indonesia sang merah putih

(Pasal 36) Bahasa Negara yaitu Bahasa Indonesia

(Pasal 36A) Lambang Negara adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

(Pasal 36) Lagu kebangsaan adalah Indonesia Raya.

2.Pilar Undang-Undang Dasar 1945

Merujuk pada pasal 1 ayat (2) Undang-undang Dasar Negara Ripublik Indonesia 1945 yang menetapkan bahwa “Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang dasar”

Sejalan dengan tuntutan reformasi dan tuntutan kebutuhan bangsa Indonesia, MPR dengan semangat kenegarawan dan memalui tahapan pembahasan mendalam dan bersungguh-sungguh untuk melibatkan berbagai kalangan masyarakat. Reformasi konstitusi telah mengantarkan bangsa Indonesia memasuki babak baru yang mengubah sejarah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Perubahan yang disepakati dari amandemen UUD 45 adalah dengan cara adendum yang artinya perubahan UUD RI 45 dilakukan dengan tetap mempertahankan naskah asli, sedangkan naskah perubahan ditempatkan melekat pada naskah asli.

3.Pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia

Menurut pasal 26 telah dicantumkan bahwa, yang menjadi warga negara ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagi warga negara.

(Pasal 27) Segala warga Negara Indonesia kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan, wajib menjunjung hukum dan pemerintahan dengan tidak ada pengecualian. Setiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara (pasal 27 ayat 3).

4.Pilar Bhinneka Tunggal Ika

Di runut dari pasal 28J ayat 2, bahwa dalam menjalan hak dan kebebasannya, setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan undang-undang, dengan maksud semata-mata untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak dan kebebasan orang lain serta untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum suatu masyarakat demokratis.

*******


Saya yakin 4 Pilar diatas seringkali terabaikan oleh sebagian kita, hingga banyak kejadian yang kerap mengundang kontoversi baik terhadap perorangan, kelompok dan yang lebih miris lagi terhadap aparatur negara. Mungkin inilah yang ingin ditekankan oleh MPR dengan cara mengundang kami-kami yang terbiasa mengakses sosial media dalam Acara Netizen Bandung, Ngobrol Bareng MPR RI
Empat Pilar MPR
Kebersamaan Blogger di acara Netizen Bandung, Ngobrol Bareng MPR RI


Tentunya ini memberi saya wawasan baru, bahwa kita sebagai masyarakat bisa ikut andil dalam merealisasikan pemahaman dengan beragam bentuk dan cara (selain demo) kepada masyarakat, bisa melalui tulisan bergambar (komik), dongeng, film, cyber army dan banyak cara inovasi lainnya. Pun bisa dengan ketetapan kita saat menggunakan internet, menyebarkan berita yang menginspirasi misal, tetap menjadi salah satu langganan provider XL dengan selalu memberikan informasi yang baik, karena jaringan XL yang sudah 4G dengan kecepatan akses inernet lumayan kencang (di daerah saya lho ya) sedikitnya PT XL Axiata pun telah menjadi bagian dari 4 Pilar yang saya uraikan diatas.

Yuk, mulai saat ini baiknya kita bersinergi dengan MPR dan Undang Undang Negara Republik Indonesia, hanya kita yang bisa mewujudkan berbangsa dan bernegara ke arah yang lebih baik.

Sosialisasi Badan Standarisasi Nasional (BSN) Melalui Acara Fun Bike

Kamis, 18 Mei 2017
Hari Minggu kemarin saya mendapat undangan untuk ikut serta memeriahkan acara fun bike juga pengenalan tentang Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) dengan tema "#SNIMelindungiKonsumen #FunBike2017 yang di selenggarakan  Badan Standarisasi Nasional (BSN). Di Kantor BSN yang terletak di kawasan Jln. M. Thamrin, Jakarta.

Karena hari itu Hari Minggu bertepatan dengan acara car free day, dimana banyak orang yang memanfaatkan kawasan bebas asap kendaraan bermotor ini sebagai sarana olah raga. Saya sendiri baru pertama kalinya menginjakkan kaki di kawasan cfd ini, rasanya selain asik bisa jalan-jalan di jalanan tanpa kendaraan juga menikmati pemandangan hutan beton Ibu Kota tanpa "kemacetan".


Acara fun bike dimulai jam 6 pagi dan pelepasan peserta sekitar jam 7 pagi. Berhubung saya tidak ikut sebagi peserta fun bike, jadinya saya dan beberapa teman-teman dari Komunitas ISB yang tidak ikut, diperkenankan untuk meliput di area acara. Oh iya, ada hiburan live musiknya juga lho. Sambil menunggu kedatangan para peserta funbike, momennya saya abadikan melalui foto-foto. 


Tak lama kemudian, sekitar jam 9 pagi, setelah para peserta funbike berdatangan. 
O, iya. Di acara ini juga ada bazarnya, walaupun tidak banyak varian menunya, tapi dipastikan menu yang disajikan sudah berlabel SNI, halal tentunya. Hadir sebagai narasumber, Kepala BSN, Bapak Prof. Dr. Bambang Prasetya. Beliau mengatakan bahwa, pemerintah melalui Kementerian Teknis, terkait penetapan beberapa produk yang wajib mendapat pengesahan/label SNI sebelum diedarkan kepada masyarakat luas.


Kurang lebih ada 205 produk yang wajib berSNI, beberapa contohnya adalah produk, helm, air mineral dalam kemasan (AMDK), ban, pupuk, baja, selang dan regulator gas, juga produk mainan untuk usia maksimal 14 tahun, dan banyak lagi yang lainnya. Untuk update informasi terkait SNI termasuk tata cara memdapatkan label SNI. Bisa diakses di sisni.bsn.go.id.

Untuk penerapan SNI yang dapat dipertanggungjawabkan, setidaknya ada tiga pihak yang bisa diperoleh manfaatnya secara langsung. Yang pertama yaitu, Produsen, dalam hal ini pastinya akan tertantang untuk selalu berinovasi, sehingga memiliki daya jual dengan kualitas baik.

Selanjutnya adalah Konsumen, dengan adanya SNI konsumen bisa terbantu dari informasi akan bahaya yang mengancam keselamatan, kesehatan, juga lingkungan. Dengan SNI pula kita sebagai pengguna sebuah produk, bisa menikmatinya tanpa merasa waswas antara harga dan kualitas.

Selain itu hadir pula Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Bapak Tulus Abadi. Pemaparan beliau akan pentingnya kepuasan konsumen terhadap produk, menjadi prioritas YLKI, demi melindungi hak konsumen akan kenyamanan dan keamanan dari barang yang dibelinya.

Hal ini pun sesuai dengan amanah dari UUD No. 20 tahun 2014, ungkap Pak Bambang. Bahwa BSN memiliki tugas dan tanggungjawab akan standarisasi juga penilaian kesesuaian, mulai dari pemrograman, perumusan, penetapan dan pemeliharaan (kajian ulang) SNI. 

Pada prinsipnya seluruh SNI yang diterapkan oleh BSN, penerapannya bersifat suka rela. Namun untuk tujuan tertentu, misal :
1. Perlindungan konsumen, tenaga kerja pembuat produk, juga masyarakat dari segi keselamatan, keamanan juga kesehatan.
2. Pertimbangan keamanan negara,
3. Tuntutan perkembangan ekonomi serta lancarnya iklim usaha demi persaingan yang sehat,
4. Lingkungan hidup,
Intinya, bahwa SNI yang mengatur segala aspek kehidupan masyarakat, bukan semata-mata untuk produk atau barang saja. 

Sebelum acara berakhir, BSN memperkenalkan maskot terbarunya yang diberi nama Si Rino Sahabat SNI. Maskot Rino ini diadaptasi dari hewan Badak Bercula Satu, filosofinya tak lain adalah karena badak merupakan hewan tangguh, mamalia terbesar kedua di dunia yang masih hidup sampai sekarang. 


Kostum yang di pakai Si Rino disisipkan atribut wayang Gatotkaca, yang tentunya ini menjadi lebih berkarakter, perpaduan antara Badak Jawa dan Wayang Gatotkaca menjadi lebih hudup. Ini artinya bahwa SNI sebagai ukuran sebuah standarisasi di Indonesia ingin memberikan kenyamanan, kekuatan dan mampu melindungi penggunanya. 

Jadi, sudah fahamkah kita untuk senantiasa memperhatikan produk yang ber abel berSNI? 

Peluncuran Vivo V5s Dengan fitur Kece Softlight Perfect Selfie

Sabtu, 13 Mei 2017
Peluncuran  Vivo V5s  Dengan fitur Kece Softlight Perfect Selfie

Sudah tahu dong pastinya siapa itu, Agnes Monica, Afgansyah Reza sama Pevita Pearce. Mereka bertiga itu yang jadi brand Ambassador smartphone Vivo Indonesia. Nah, kali ini PT Vivo Indonesia meluncurkan produk terbarunya yaitu Vivo V5s 20MP Softlight Camera  Perfect Selfie. 
Peluncuran  Vivo V5s  Dengan fitur Kece Softlight Perfect Selfie

Acara yang diadakan pada tanggal 10, Mei'17 kemarin, diadakan di Raffless Hotel dibilangan Kuningan, Jakarta, meriah banget. Selain media dan blogger yang mendapat undangan untuk menghadiri peluncuran ini, bertabur pula para artis Ibu Kota diantaranya ada, Gading Martin, Aurel Hermansyah, Raditya Dika, Varrel Bramasta dan banyak lagi pelaku entertainment lainnya. 
Peluncuran  Vivo V5s  Dengan fitur Kece Softlight Perfect Selfie

Peluncuran  Vivo V5s  Dengan fitur Kece Softlight Perfect Selfie

Peluncuran  Vivo V5s  Dengan fitur Kece Softlight Perfect Selfie


Dipandu MC kenamaan yang mantan VJ MTV, Daniel Mananta, menambah kemeriahan acara peluncuran Vivo V5s. Sedangkan dari pihak PT Vivo diwakili oleh Chief Selfie officer Bapak Edi Kusuma selaku Brand Manager. Serta Bapak Kenny Candra selaku Product Manager PT Vivo Indonesia. 

Peluncuran  Vivo V5s  Dengan fitur Kece Softlight Perfect Selfie

Peluncuran  Vivo V5s  Dengan fitur Kece Softlight Perfect Selfie

Dalam acara ini Bpk. Edi Kusuma mengungkapkan bahwa, untuk memberikan pengalaman selfie terbaik terhadap konsumennya, yaitu dengan ditingkatkannya performa kamera depan demi menghasilkan magical clear selfie, dengan disematkannya fitur New Selfie Softlight. Fitur ini sebagai mitra pencahayaan saat melakukan pengambilan foto di ruang minim cahaya, dengan hasil tetep detail dan terlihat natural. 
Peluncuran  Vivo V5s  Dengan fitur Kece Softlight Perfect Selfie

Peluncuran  Vivo V5s  Dengan fitur Kece Softlight Perfect Selfie

Peluncuran  Vivo V5s  Dengan fitur Kece Softlight Perfect Selfie

Vivo V5s dikemas dengan Sleek UniBody Desain juga U Shaped Cover Line. Di dukung pula dengan kapasitas RAM sebesar 4GB dan 64GB ROM (sampai 256GB), Group Selfie, Funtouch O.S.3.0, Faster Fingerprint Unlocking, serta Apps Clone, ini yang unik menurut saya. Karena dengan apps clone ini kita bisa menggunakan 2 aplikasi yang sama disatu hape. Keren, dan bisa berguna buat yang punya bisnis online. 
Peluncuran  Vivo V5s  Dengan fitur Kece Softlight Perfect Selfie

Peluncuran  Vivo V5s  Dengan fitur Kece Softlight Perfect Selfie
Foto dokpri 

Sedangkan Bpk. Kenny mengungkapkan bahwa Vivo selalu tertantang untuk memuaskan para konsumennya, maka dihadirkanlah inovasi terbaru dari seri Vivo sebelumnya V5, yaitu V5s 20MP Softlight Camera Perfect Selfie kamera depannya. Sedangkan untuk kamera belakang sebesar 13MP dengan Real Camera (52MP Ultra HD Photos).  
Peluncuran  Vivo V5s  Dengan fitur Kece Softlight Perfect Selfie
Gambar diambil dari web VivoID

Untuk semua fitur canggih yang disematkan ini, Vivo V5s hanya di bandrol dengan harga Rp. 3.799.000 juta, cukup murah kan? Belum lagi kapasitas baterai yang lebih tahan lama, 3000mAH. Sebuah harga sangat pantas yang ditawarkan V5s.

Lanjut ya, soal brand Ambassador Vivo terbaru, selain Agnes, Afgan dan Pevita, kini PT Vivo Indonesia berhasil menggaet artis dan pelaku seni kenamaan yang mempunyai segudang prestasi, mereka adalah, Al Gozali, Prilli Latuconsina, Zaskia Sungkar serta Shireen Sungkar. 
Peluncuran  Vivo V5s  Dengan fitur Kece Softlight Perfect Selfie

O, iya, acara peluncuran ini dimulai pada jam 11 siang untuk melakukan registrasi, sedangkan puncak acara itu sendiri dimulai jam 1 siang. Nah, sambil menunggu puncak acara, kita-kita para tamu undangan dipersilahkan menikmati hidangan makan siang, dengan menu beragam, dan ada satu dua menu yang tidak masuk dilidah saya. Maklum biasa makan bala-bala, sambal terasi kali ya, hahaha. Tapi alhamdullilah semua jamuan tadi membuat perut saya kenyang, jadi menambah semangat untuk mengikuti rangkaian acara hingga tuntas.
Peluncuran  Vivo V5s  Dengan fitur Kece Softlight Perfect Selfie

Peluncuran  Vivo V5s  Dengan fitur Kece Softlight Perfect Selfie

Selaku pegiat sosial media, acara peluncuran sekeren ini tentunya harus diapresiasi, dengan menyebarkan berita melalui berbagai akun yang saya miliki mulai dari Instagram, Twitter serta Facebook. Sayang, saat hendak mengupload foto-foto serta video, akses WiFi yang disediakan pihak hotel terbatas kapasitasnya. Untungnya saya pakai XL walaupun posisi dalam gedung, akses internetnya masih tetap kencang. Jadi tidak ada kendala untuk mengunggah dan menyebarkan semua berita kesemua akun yang saya miliki. 
Peluncuran  Vivo V5s  Dengan fitur Kece Softlight Perfect Selfie

Acara pun berakhir sekitar jam 4 sore. Untuk saya pribadi acara peluncuran Vivo V5s ini selain meriah bertaburan para artis juga sukses membuat para audiens puas dengan keberhasilan Vivo yang telah berhasil menggenapkan pencapaian teknologi terbarunya, Vivo V5s Softlight Perfect Selfie. 
Peluncuran  Vivo V5s  Dengan fitur Kece Softlight Perfect Selfie

Peluncuran  Vivo V5s  Dengan fitur Kece Softlight Perfect Selfie