Ini Dia Gorengan Sejuta Umat

Assalammualaikum pemirsah, pasti tahu dong maksud judul gorengan sejuta umat diatas, siapa yang enggak doyan gorengan? rasa-rasanya hampir setiap orang menyukai jenis makanan satu ini. Penjualnya pun bisa kita temui hampir diseluruh pelosok daerah dengan harga relatif terjangkau disemua kalangan. Jenis makanan ini bisa kita nikmati saat pagi sebagai teman sarapan, atau sebagai camilan kapan pun waktunya. Kira-kira apa saja yang termasuk dalam gorengan sejuta umat versi saya di sini, simak ya.
Ini Dia Gorengan Sejuta Umat
foto credit by netralnews.com 

1. Bala-bala (Bakwan)
Olahan yang terdiri dari tiga inti sayuran, wortel, kol dan daun bawang disinyalir sebagai camilan paling irit pembuatannya, Adonan tepung yang dicampur tiga inti sayuran ini (baca disini) hanya dengan modal kurang dari 10 ribu rupiah kita bisa menikmati sepuasnya. Kadang menjadi teman makan nasi saat dompet melilit terutama kalian yang masih jadi anak kost. 

Ini Dia Gorengan Sejuta Umat
foto dokpri

2. Pisang Goreng
Camilan ini lebih mudah lagi cara pembuatannya, modalnya hanya tepung dan dan buah pisang, tapi tidak semua buah pisang bisa dijadika gorengan, hanya yang berjenis pisang kepok, pisang tanduk dan pisang raja. Entah kalau di beberapa daerah pakainya pisang apa saja, sebab jenis buah pisang di tiap daerah banyak macamnya.

3. Gehu atau Tahu Isi
Gorengan satu ini umumnya menggunakan jenis tahu sumedang, namun soal rasa saya condong ke jenis pemakaian tahu kuning. Tahu Sumedang atau tahu kuning yang membedakan hanya masalah harga, jenis tahu sumedang memang lebih murah dan ukurannya kecil. Bahkan saat ini pemakaian tahu kuning untuk gehu lebih variatif dengan isian yang beraneka ragam, ada gehu jeletot yang punya level kepedasan lumayan tinggi. Walaupun sedikit mahal dibandingkan gehu biasa, varian gehu satu ini peminatnya cukup banyak, terutama para pecinta rasa pedas.

4. Cireng
Cireng alias aci digoreng (tepung kanji digoreng) awalnya cireng hanya terdiri dari olahan tepung kanji, daun bawang dan sedikit garam yang disiram air mendidih. Namun seiring perkembangan kuliner, penikmat makanan satu ini sekarang bisa menikmatinya dengan variasi yang berbeda. Ada cireng isi bumbu kacang, rujak cireng, cireng cinta, cireng aroma dan lainnya.

Dari keempat jenis gorengan diatas, tak lengkap rasanya jika disajikan tanpa secangkir teh atau kopi, dimakan ramai-ramai bersama keluarga atau teman atau bisa juga disajikan untuk acara arisan. Namun jika menikmatinya seorag diri alangkah baiknya jangan sambil bengong, kalian bisa sambil stalking online shop, Oh iya, sebentar lagi kan ada Harbolnas. Cek mana saja yang lagi ngasih diskon besar, kayak di Zalora, soalnya saya juga lagi ngincer sepatu di sana. 

Memang nikmat sambil ngemil gorengan sambil ngelist barang yang ingin dibeli, tapi ingat jangan sampai berlebihan mengkonsumsi gorengan ini ya, imbangi dengan asupan buah-buahan juga. 

Komentar

  1. Enaaakk ini gorengan hahahahaa kalau di Pekanbaru ada bakwan kuah namanya, makannya pake kuah kaya kuah empek2 gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, sepeertinya harus saya coba juga pake kuah empek2.. enyak nih.. bikin aaah

      Hapus
  2. Aduh itu bakwaann.... Sungguh menggodah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lbih menggoda lagi yang dibawahnya.. belanja sepatuuuuuu

      Hapus
  3. Ohh bala bala itu bakwan toh. Hihi tadinya kupikir cuma kiasan aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... pasti aneh ya kedengarannya

      Hapus
  4. Gehu kalo di tempatku namanya tahu berontak. Entah gimana asalnya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, kenapa dinamai tahu berontak, ya?... tulis doong

      Hapus
  5. Paling endeus makan bala-bala pake lombok rawit. HuhHah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih eneuus lagi makannya berdua... wkwkkwk

      Hapus
  6. Paling gak bisa nolak kalau ketemu sama gorengan.

    BalasHapus
  7. pisang goreng is de bes
    gak ada duanya

    BalasHapus
  8. Sambal kacangnya jangan lupaaa!

    BalasHapus
  9. kayaknya hampir di semua daerah ada ya gorengan ini. heu

    BalasHapus
  10. lauknya anak kos nih, gorengan! wkwk

    BalasHapus
  11. Bala bala dimanapun ada jual gorengan
    dia selalu ada hahaha
    cireng di kampungku tidak ada

    BalasHapus
  12. Semua jenis gorengan saya suka atuh teh, tapi jangan lupa temen setia gorengan apa coba? Cabe rawit! Sok mangga cobian makan gorengan tanpa pake cabe rawit, pasti kurang makjleb kan?

    BalasHapus
  13. Ya Allah, aku jadi pengen nyari abang gorengan. Mana cuaca sejuk gini. Enak banget makan bala-bala sama gehu, Mak.
    Btw, abang bala-bala ikutan Harbolnas juga ya? Baru tahu aku.

    BalasHapus
  14. dari gorengan untuk cemilan santai sambil beli barang online shop, jangan jangan ini kelakuan istri di rumah, hehehe

    BalasHapus
  15. Cireng dan bala-bala... dua jenis gorengan ini favoritku banget, Maak. Klo bala-bala sih bisa masak sendiri, klo cireng yang terpaksa harus beli. Hiks, tapi tetap aja aku ngidam bala-bala buatan emak. Kira-kira kapan mau dikirim ke saya, Mbak, bala-balanya?

    BalasHapus
  16. Duduk manis depan laptop, ngemil tahu aci terus mantengin diskonan..nyeduh secangkir coklat...surga bener ini mah..

    BalasHapus
  17. Pagi,gorengan,wedang anget,order online shop,mereka itu sepertinya teman akrab ya :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dicari

Tips 2 Langkah Sangat Mudah Mengelola Gaji Harian

Peluncuran Rangkaian Make Up Martinez Profesional

Diamlah

Dengan Morinaga Chil-Go! Kenzy Lebih Aktif Dan Ceria

14 Perbedaan Cara Senyum Orang Rusia dan Indonesia