Ngeblog Nyaman Pakai Hape? Kenapa Tidak!

Assalammualaikum, kali ini saya mau berbagi tips soal ngeblog pakai hape. Ya, berhubung ga mungkin bawa-bawa PC sedangkan laptop jadul sudah dikarantina buat mainan si kecil, laptop terbaru masih tahap list. Maklumlah emak-emak lugu ini keseringan berjibaku urusan sekolah anak dan dapur. 
Gambar dalam foto ini tangannya (ig) @masekoid 
Terus bagaimana biar bisa nyaman ngeblog pake hape? Baik, ini sedikit tutorilanya ya. Simak baik-baik kalau perlu sediain camilan seblek, kerupuk plus seteko kopi, kembung kembung deh.

Aturan Pertama
Instal dulu aplikasi blogger atau WP di hape. Eh instal juga word dokumen bila perlu ya. Lanjut cari materi di google untuk bahan tulisan, copas lalu simpan di word. Terus baca dan pelajari, ambil kalimat yang bisa disesuaikan dengan bahan postingan.

Aturan kedua
Satukan bahan entah itu press rilis atau content placement bersama materi yang sudah kita baca lalu tulis dengan gaya menulis kita seperti biasanya. Setelah beres baca ulang lagi takutnya ada hal-hal yang tidak sesuai lanjut mengeditnya. Simpan tulisan tadi dalam bentuk draft minimal satu hari , jangan langsung di posting ya. Setelah itu baca lagi, edit lagi. Setelah yakin baru kita posting.

Aturan ketiga
Namun sebelum kita posting jangan lupa untuk menyisipkan gambar untuk melengkapi tulisan tadi. Usahakan size gambar yang akan kita gunakan disesuikan ukurannya, jangan terlalu kecil jangan pula kebesaran. Umumnya kalau "saya" sih menggunakan ukuran minimal 1MB. Kalau sempat boleh, malah kalau bisa gambar kita edit pencahayaannya. Supaya terlihat bagus dibaca orang. Boleh pakai aplikasi apa saja, saya pakainya pict art (bisa diunduh di play store).

Aturan keempat
Apakah boleh menulis melalui hape dalam posisi tiduran? Sesekali boleh-boleh saja, tapi sebenarnya ini tidak baik  karena apa? Posisi kedua lengan otomatis akan menumpu beban dari hape, efeknya lengan dan pundak akan terasa pegal. Walaupun berat hape tersebut tidak seberat beban hidup yang dimiliki *abaikan

Lantas posisi yang "enakeun" itu yang bagaimana? Pastinya sambil duduk dong ah, tapi usahakan kedua kaki jangan sampai menjuntai kebawah, bisa memakai alas entah itu bantal besar atau meja kecil untuk menopang kaki. Ini gunanya untuk menyeimbangkan beban hape yang kita pegang karena tertumpuh dikedua telapak tangan. Oiya, jangan lupa juga memakai sandaran untuk punggung, pokoknya usahakan senyaman mungkin, sampai kita merasa enjoy saat menulis tersebut.

Aturan kelima
Saking asiknya menulis enggak terasa hasil tulisan tersebut ternyata sudah melebihi target, bisa dipastikan kedua jempol kita akan merasa pegal, atau bisa jadi sampai kesemutan. Kalau hal ini terjadi, stop dulu menulisnya. Kedua jempol diolah ragakan dahulu caranya, angkat kedua tangan, rapatkan kedua jemari melebihi tinggi kepala sampai kira-kira 15 detik . Lalu remas-remas kedua jari sampai merasa aliran darah normal kembali.

Gerakkan juga kedua pundak dengan gerakan memutar kedepan kebelakang, sama waktunya, kira-kira 15 detik. Terakhir atur nafas dengan cara menghirup udara melalui hidung keluarkan melalui mulut secara perlahan selama 15 kali hitungan disetiap hembusan nafasnya. *seperti lirik lagu siapa ya? -abaikan

Hal terakhir dalam menulis menggunakan hape adalah soal kemampun jaringan internet, syukur-syukur hape yang dimilikinya sudah support 4G, jadi kecepatan akses data tentunya akan sangat membantu kelancaran memposting, mengunduh dan mengupload gambar dengan sempurna. 

Kalau saya sih kebetulan memakai kartu XL jadi semua lancar-lancar aja tanpa kendala. Bahkan saya terbiasanya ngeblog mobile dalam kendaraan apabila tengah melakukan perjalanan jauh. Dan semuanya tanpa kendala tuh pakai provider yang saya gunakan tadi. 
Jiaah ketauan promo hape Asusnya *khan maen!
So.. bagaimana dengan teman-teman, apakah sering/pernah ngeblog on mobile dimanapun dan kapanpun situasinya apabila memungkinkan?

Komentar

  1. Saya sudah sering ngeblog pakai hp .. tapi kenapa hp teman saya yang lolipop tidak bisa? setiap kali upload gambar, gambarnya hanya putih saja .. Adakah solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi ukuran gambarnya terlalu besar, coba di crop dulu atau update aplikasi blognya

      Hapus
  2. saya juga lbh banyak ngeblog dihape, btw gak di android tapi diBB & Asha 306.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah ituu lebih keren... usahanya patut diacungi jempol

      Hapus
  3. Saya sering ngeblog pake hp tapi cuma ngedraf doang via evernote .. post nya mah pake pc hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aah beda kalau horang kayahmah, maenannya pece. Btw kamukah nama bagus-bagus Irwin naha bet jadi kang bala-bala wkwwkwk

      Hapus
    2. Horang kaya dari mana puguh epernote pri alias gratis

      Hapus
  4. wow,seru juga ngeblog pakai hape bisa dicoba tipsnya,mak cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah kamumah suka begitu Rin... apalah aku ini hanya emak2 lugu apa adanya..

      Hapus
  5. Ini tips olahraga ato ngeblog sik? :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beuugh, bang Den sekalinya komen dalem banget 😜

      Hapus
  6. Woooow harus di coba ini, soalnya saya juga suka nulis pake hape

    BalasHapus
  7. Belom pernah nyoba mbaa..Ngeblog via hape kok begitu mudahnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas enteng aja sih... hehehe

      Hapus
  8. Sieun keriting ramona ngeblog pake hape. Nanti reoarasu jarinya supaya lurus seperti sedia kala dimana hayyoo . . .

    BalasHapus
  9. #reparasi typo baru komen eta teh kali ngeblog jiksna kaluar bahasa planet typi semua

    BalasHapus
  10. Belum terbiasa ngeblog pake hape... Kecuali pas nulis artikel bocoran harga iphone 7 kemarin. Itupun pake web browser. Kalo pake appsnya gambar gak nongol #sigh
    Padahal udah siap bala².

    BalasHapus
  11. Jouooos Maak Maaak Gahul pisan pake XL 4G update blog pake hape asus

    BalasHapus
  12. Sebenarnya saya suka nulis melalui smartphone, bahkan untuk update status facebook aja ga pernah lewat PC atau laptop. Nulis di HP itu lebih nyaman, santai dan mencari inspirasinya lebih leluasa. Tapi kalau untuk urusan blog, belum pernah coba.

    BalasHapus
  13. Saya biasanya nulis blog via hp, cuma ngedrafnya di notes bawaan hp, setelah dirasa cukup langsung dicopas dan posting di aplikasi blog Wp, gak pake didiamkan dulu krn uda gak sabar lihat hasilnya

    BalasHapus
  14. Duluuuuu aku ngeblog dari hape, Mak. Sambil nyiapin menu sahur aku ngetik di bb. Trus juga selalu rekomendasi ke saudara atau teman yang tertarik ngeblog pake hape aja, mudah. Padahal sekarang nyaris ga pernah ngeblog dari hape lagi. Aplikasi di hape cuma buat upload foto-foto aja. Keyboard wireless udah ada punya suami, suka aku bawa-bawa buat nulis di hape. Tapi lagi-lagi gagal karena...... enakan nyari materi di laptop. Itu doang sih alasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gara-gara baca tulisan Mak Yul ini, aku mulai mencoba-coba lagi deh nulis di hape. Ngikutin tipsnya. Blom berhasil. Tapi masih mau coba. Lumayan buat solusi kalau lagi traveling soalnya.

      Hapus
  15. masih enakan di laptop
    cuma kalo kepepet ada yg typo HP jadi solusinya....

    BalasHapus
  16. Itulah kerennya blogging pake smartphone mba..bisa dijinjing kemana mana simple praktis dan enjoy sembari nongkrong n ngopi dan udut sebatang rokok..mantab

    BalasHapus
  17. kalau saya sama aja , pakai HP atau laptop untuk ngeblog

    BalasHapus
  18. Aku jarang ngeblog pak HP, suka pusing Baginda ngetik pake keyboard HP. Typo mulu hahahaha..

    BalasHapus
  19. Lebih mudah sepertinya tapi aku rasanya masih lebih sreg di laptop ya. Mungkin belum terbiasa... Sama seperti cinta.
    #halah
    Maaaak! Bagi hapenya satu!

    BalasHapus
  20. Mak itu kalo upload gambar udah sesuai sama template blog kalau buka di PC, nggak? Takutnya pas masukin gambar jadi nggak justified gitu. Jawab, Mak. Jawab pertanyaanku. Kubutuh jawaban.

    BalasHapus
  21. Kalo ngetik di hape mungkin pas inspirasi lagi kenceng langsung ngetik, jadi si inspirasi gak keburu ilang hahaha tapi aku pribadi kurang sreg, Mak kalo ngeblog dari hape karena aku kalo udah ngetik suka panjang banget alias curhat banget wkwk jadi butuh layar yang gede biar puas natap tulisan-tulisannya hahaha

    tapi tips yang Mak kasih oke juga, nanti kucoba kalo emang kepepet mesti ngeblog dari hape ;)

    BalasHapus
  22. Kalau harus ngeblog di laptop, aku lebih suka pake chrome aja, Mak. ENtah kenapa gak bersahabat dengan aplikasi blogger..

    BalasHapus
  23. Akuuh...
    Kemarin belom sempet menjamah HP Asusnyaaa..mak Julay cantiiik.

    Dulu bisa nulis pake HP.
    Tapi sekarang,
    Jadi kurang puas, teh.

    Asa kecil-kecil tukisannya.
    *pertanda minus nambah ini mah...hiikz!

    BalasHapus
  24. aku sering banget itu ngeblog pake hp, apalagi bw seneng pake hape jadi bisa dimana-mana

    BalasHapus
  25. Saya semenjak merantau, sering² nya ngeblog pake hape mba. Bahkan di hape install aplikasi ssh k

    BalasHapus
  26. Waduh mak, gambar 1MB maks ga kegedean tuh?

    Kalo aku 100Kb aja dah gede banget mak. Wkwkwk...

    BalasHapus
  27. Saya termasuk susah ngeblog pakai HP tapi kalau edit2 sih bisa, pas dibaca ada kesalahan pengetikan trus edit deh pake hp hehe

    BalasHapus
  28. Sejak punya 2 bayi, aku selalu nulis via hp, mak. Pernah sekali abis ngelonin sekali dua trus aku bangun idupin laptop, eh mereka menggeliat kehilangan aku, hahaha. Jadilah skrg setia bgt sama hp dan suka canggung kalo di laptop. :')

    BalasHapus
  29. aku harus belajar padamu agar bisa ngeblog di hape, berhubung tanganku jempol semua mesti bener bener melakukan perhatiank khusus agar bisa rapi dan ngga typo hehehe

    BalasHapus
  30. Kalo aku, kadang di hp juga sih ngeblognya. Tapi tetep ngerasa feel-nya kurang dapet kalo gak di laptop. Gak ada suara riuh ketikan kalo di hp mah wkwkwk
    Terus aku sering bermasalah sama gambar juga kalo ngeblog di hp. Aku juga pakai picsart, tapi buat IG. Kalo buat blog seringan editnga pakai CorelDRAW atau Photoscape. Nah, agak nganu kalo di hp. Ajarin aku dong, Mbak. :(

    BalasHapus
  31. alhamdulillah postingan mbak yulia, sehati dgn kondisi saya saat ini. kebetulan termasuk yg sering pakai hp untuk edit foto, posting dll..

    xixiixi tak ada kayu rotanpun jadi

    BalasHapus
  32. Kayaknya patut dicoba nih. Seru juga dan bisa dimana aja ya nulisnya..he

    Btw, salam kenal ya :)

    BalasHapus
  33. tambahan lagi sebelum menulis dengan hape sediakan kopi dan bala bala sebagai teman menulis di hape. Tentunya ditemani dengan koneksi internet dari XL yang wuss ketika di pakai untuk browsing mak

    BalasHapus
  34. Aku ngeblog pake hp, tapi langsung dibrowser Mak. Pake aplikasi krg asyik. Trus jgn lupa kurusin jari, hehege

    BalasHapus
  35. Saya kalau ngeblog di hp hrs ngedraft dulu tanpa internet. Jk nulis dan internet hidup, ujungnya lihat yg lain

    BalasHapus
  36. Kalo di HP aku mah sukanya nulis draft doang Teh :)

    BalasHapus
  37. Waahh... makasih sharenya mbaa ku say, dapat ilmu baru deh. langsung save ke folder.

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dicari

Tips 2 Langkah Sangat Mudah Mengelola Gaji Harian

Peluncuran Rangkaian Make Up Martinez Profesional

ASUS VivoBook S Dulu Guys!

Diamlah

Cerita ABG Yang Menggairahkan