Ternyata Ini Panduan Menggunakan ASUSPro-B8230UA



Bisa dipastikan hampir semua produk menerapkan tata cara penggunaan/pemakaian, ini untuk meminimalisir kesalahan terutama bagi pemula. Untuk itu izinkan saya berbagi informasi bagaimana cara menggunakan ASUSPro-B8230UA yang terkadang luput dari perhatian kita sebagai konsumennya.

Panduan ini selain memberikan informasi jenis perangkat keras juga panduan dari perangkat lunaknya Notebooks ASUSPro-B8230UA dan hal-hal menyangkut konfigurasi perangkat keras, cara menggunakan PC Notebook, cara bekerja menggunakan windows 10 dan pengujian otomatis pengaktifan daya (POST).


*silahkan baca dulu Notebooks AsusPro ini terbaru dan murah

Sebagai informasi penting, biasanya ada penegasan kalimat sebagai berikut :

“PENTING!” kalimat ini sebagai pesan yang berarti mengandung informasi vital yang harus diikuti dalam tahapan penyelesaian tugas.

“CATATAN” pesan ini berisi informasi tambahan juga tips yang tentunya akan membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan.

“PERINGATAN” selain sebagai pesan informasi penting yang harus diikuti, ini tandanya kenyamanan saat menjalankan tugas menjadi prioritas guna mencegah berbagai kerusakan data serta komponen PC Notebook.

Untuk menjalankan serangkaian prosedur PC Notebook, tersemat ikon-ikon sebagai panduan nantinya.

Artinya gunakan panel sentuh pada PC Notebook

Artinya gunakan keypad pada PC Notebook


Tipografi

Cetak Tebal = ini adalah pemilihan menu item yang harus dipilih

Cetak Miring = bagian ini adalah fokus perhatian yang bisa kita lihat.

Dibawah ini adalah ikon-ikon tindakan keamanan menggunkan PC Notebook.


Ikon ini disisi kiri-kanannya menggambarkan kristal salju, matahari dan tanda silang. Artinya penggunaan notebook hanya bisa digunakan pada suhu ruangan tertentu antara 5°C sampai 35°C. 

Ikon ini menggambarkan label arus pada bagian bawah yang memastikan adaptor daya sesuai dengan arus daya.


Untuk ikon yang ini sebagai peringatan jangan meletakkan PC Notebook dipangkuan atau pada bagian tubuh lainnya. Hal ini guna mencegah rasa tidak nyaman akibat suhu panas yang ditimbulkan Notebook.

Ikon yang ini artinya jangan pernah menggunakan kabel daya atau aksesoris lain yang rusak ke PC Notebook.
Sedangkan ikon yang ini artinya memastikan saat PC Notebook dihidupkan kita tidak membawa atau menutupinya dengan bahan yang tidak punya sirkulasi udara yang baik.
Ikon diatas ini artinya jangan meletakkan PC Notebook pada permukaan yang tidak stabil/miring.
Ikon diatas digambarkan PC Notebook dengan magnet ini tentunya sebagai peringatan bahwa perangkat ini boleh melewati mesin sinar x bandara dengan catatan hanya diletakkan pada ban berjalan. Sedangkan ikon magnetnya sebagai ikon bahwa jangan dekatkan perangkat pada detektor atau batang magnet.
Ikon ini sebagai tanda bahwa jika kita hendak melakukan perjalanan udara, bisa kita tanyakan terlebih dahulu mengenai layanan penerbangan terkait apa yang boleh dan batasan apa yang harus diikuti jika menggunakan PC Notebook kepada maskapai penerbangan.
Ikon telunjuk dan tanda silang pada pada Notebook artinya saat membersihkan perangkat sebaikknya menggunakan kain yang kering tanpa serabut atau spons selulosa bersih yang sebelumnya dilembabkan terlebih dahulu dengan larutan detergen non-abrasif plus sedikit tetesan air hangat.
Ikon peringatan ini menjelaskan jangan sampai perangkat dengan pelarut kimia seperti thinner, benzena dekat dengan perangkat PC Notebook.
Ikon pot bungan dan tanda silang pada PC Notebook dilambangkan sebagai peringatan bahwa jangan sampai meletakkan benda diatas perangkat PC Notebook.
Ikon bergambar awan hitam dan tanda silang diatas Notebook sebagai peringatan bahwa jangan menggunakan ataupun menyimpan PC Notebook didekat cairan, hujan dan ruang lembab. Juga sebagai peringatan jika terjadi badai petir sebaiknya penggunaan modem dihentikan.
Ikon lingkaran awan dan tanda silang diatas sebagai peringatan bahwa jangan meletakkan perangkat ditempat yang berdebu dan area gas bocor (bisa dari korek gas misalnya).
  • Simbol tempat sampah yang disilang diatas ini sebagai peringatan bahwa sampah produk yang mengandung listrik, peralatan listrik juga baterai sel koin mengandung merkuri, sebaiknya tidak dibuang di tempat pembuangan sampah umum. Karena komponen produk elektronik memang dirancang untuk didaur ulang dan digunakan bisa dipakai kembali.

selanjutnya akan saya kenalkan bagaimana tampilan atas dari Notebok ASUSPro yang menggunakan Prosesor Intel
® Core i7 6500U-Intel® Core i5 6200U

Bagian bawah dari Notebook ASUSPro-B8230UA

Pada garis angka 1, ini adalah slot pin stasiun dudukan yang fungsinya saat memasukkan pin pada stasiun dudukan bisa terpasang dengan aman ke PC.


Pada garis angka 2, Slot pengait stasiun dudukan, saat pengait disejajarkan dengan memasukkannya secara pelahan hingga stasiun dudukan terpasang dengan aman.

Pada garis angka 3, bidang ventilasi udara dimana ini adalah memungkinkannya udara sejuk masuk juga udara hangat yang keluar dari Notebook.

Pada garis angka 4, bidang ini letaknya speaker audio yang berfungsi untuk mendengan audio langsung dari Notebook, Fitur audio ini terkontrol dari sebuah perangkat lunak 

Pada garis angka 5, bidang ini sebagai penutup kompartemen dari ASUSPro B8230UA yang melindungi ruang 256GB SSD (M.2 2280 slot) SATA3, HDD (Hard Disk Driver), Modul RAM 4 GB DDR4 2133 MHz SDRAM, OnBoard Memory hingga 8 GB. 


Bagian atas Notebook ASUSPro-B8230UA

Ada 12 item pada bagian atas Notebook yang patut kita cermati bersama.


Pada garis angka 1, dijelaskan sebagai Microfon array dimana letaknya ini berfungsi sebagai penghilang gema, peredam kebisingan dan pencipta gelombang suara juga sebagai perekam audio.

Garis angka 2, disini letaknya sensor cahaya sekitar guna mendeteksi kapasitas cahaya disekitar ruangan dan memungkinkan sistem melakukan penyesuaian terhadap kecerahan layar secara otomatis.

Garis angka 3, letak kamera internal untuk memudahkan saat pengambilan gambar atau saat merekam video dari PC Notebook.

Garis angka 4, letak indikator ini akan menyala disaat kamera internal digunakan.

Garis angka 5, merupakan letak panel layar 12 inci yang mempunyai definisi tinggi untuk fitur penayangan baik itu foto, video dan fail data kerja multimedia.

Garis angka 6, letak keyboard dengan tombol QWERTY dan kedalaman tombol yang nyaman digunakan saat mengetik, juga sebagai akses cepat dalam mengontrol fungsi multimedia pada Windows.

garis angka 7, letak fungsi tombol indikator huruf besar akan menyala saat difungsikan.

Garis angka 8, ASUSPro SensePoint merupakan perangkat kepekaan terhadap sentuhan gunanya saat menggerakkan kursor pada layar atau bisa juga dikonfigurasikan fungsi mouse bisa dipengaturannya.

Garis angka 9, adanya panel sentuh pada bidang ini memungkinkan berbagai gerakan navigasi di layar. Pada bidang ini juga fungsi mouse biasa bisa digunakan.

Garis angka 10, bidang ini sebagai tombol daya saat dihidupkan atau dimatikan, tombol daya ini bisa juga digunakan saat hendak mengaktifkan mode tidur atau yang bisa disebut hibernasi juga melakukan pengalihan dari mode tidur kesiaga kembali. Disini ada catatan jika PC Notebook tidak merespon, tombol daya ditekan selama 4 detik sampai Notebook mati.

Garis angka 11, kumpulan tombol yang dilingkari garis bisa beralih fungsi sebagai tombol sebenarnya juga sebagai tombol angka.

Garis angka 12, disini letaknya sensor sidik jari yang penggunaannya sebagai otentikasi biometrik saat kita log on pada sistem Notebook serta pada program windows lainnya.


Simak video slide dari Notebook ASUSPro yang telah melewati beberapa pengujian ekstrim.




Demikian sekilas panduan menggunakan ASUSPro-B8230UA yang saat ini dibandrol Rp.18.199.000. Berharap dengan konten ini saya bisa melanjutkan keinginan untuk bisa terus berbagi hal-hal positif lainnya dan tentunya ditemani perangkat yang mumpuni seperti Notebook ASUSPro ini.



Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.

Share this :

Seorang emak dari 3 orang putra yang tinggal di Bandung. Kalau ada apa-apa bisa kontak email julayjo@gmail.com ya

Previous
Next Post »
28 Komentar
avatar

Terima kasih mb Yulia, untuk emak emak gaptek macam saya ini infonya amat bermanfaat. Cari dulu ilmu baru laptopnya.

Balas
avatar

wahhh terima aksih infonya.. berguna banget ini... adik saya pengguna asus ini soalnya...

Balas
avatar

lah ternyata ada panduannya juga ya, aku baru baca nih wkwkwk

Balas
avatar

Ram udah 4GB
DDR udah ddr4
Wah cocok nih buat editing
Apalagi ada seri i7nya...

Balas
avatar

Tetiba saya jiper.. #glegh butuh bala2 hangat & teh stroberi buat mengikis kejiperan abis baca blog ini hahahah.. XD

Balas
avatar

Wow, sayang ga ad dedicated GPU nya biar makin powerfull

Balas
avatar

Saran aja lho ya, url link nya di custom mak, biar lebih enak juga baca url link nya. Misal http://www.julayjo.net/2017/01/panduan-menggunakan-ASUSPro.html

Balas
avatar

Wah..Rinci banget ikon ikonnya..Aku malah gak ngeh...

Sukses..ngontesnya mba..

Kalo menang bisa traktir bala bala.. ��

Balas
avatar

wah mantap nih teh....mupeng sama Asuspro ini...

Balas
avatar

Ikon ikonnya lucuu mba kerenn jadi dpt pengetahuan niih

Balas
avatar

Penjelasannya sudah seperti belajar arsitektur Laptop Asus

Balas
avatar

Keren nih Mak, sampe detail mengenai icon, ini yang pembeli jarang perhatiin banget, cm baca sekilas terus lupa. Kl di bikin begini pasti banyak yg mau baca karena mudah dipahami

Balas
avatar

Sebelum aku beli udah ada informasi yang sungguh lengkap. Pasti menyenangkan sekali nih. Beli langsung paham menggunakannya

Balas
avatar

Hihii.. banyak ikon yang baru saya tahu sekarang.selama ini ke mana aja ya. Butuh bala2 juga nih .. makasih ya mba info kecenya.

Balas
avatar

Ah ini versi mungilnya Asuspro yah, tapi speknya nggak kalah canggih... pengen juga :D

Balas
avatar

panduannya bermanfaat banget teeeh, buat saya yg kurang perhatiaan, jadi tahu ooh itu yaaa..oh yaa haaa..hihihi

Balas
avatar

Wah panduannya lengkap sekali, Mak. Aku malah cenderung ga memperhatikan panduan-panduan gini. Padahal kesan sepele tapi penting ya.

Balas
avatar

Aku baru tau maksud ikon2 itu mbak, selama ini gak terlalu merhatiin hehehe :D
TFS infonya :D

Balas
avatar

wow baru tahu arti ikon2nya.
moga sukses buat lombanya ya teh :)

Balas
avatar

Mantap abnget nih asus. Aq pengen punya... infonya juga aq baru tahu mak jul.. makasih ya

Balas
avatar

Ini review-nya mantep banget, Mbak Yul! Aku udah baca berapa kali ini artikel yang bahas hal sama tapi paling suka ini. Aaaak! Sebel, jadi makin pengin beli buat nulis sama desain. Heu. Nabung!

Balas
avatar

Wih, kapan ya saya punya gadget sekeren ASUSPro. Review Mak Yul lengkap bingitz. Bikin tambah ngiler sama speknya.

Balas
avatar

Dulu saya punya Asus, ingin beli asus lagi. Tulisan Bunda dapat mberikan banyak informasinya.. :)

Balas
avatar

Alhamdullilah kalau tulisanku bermanfaat, makasih yaa 😘

Balas
avatar

Sama-sama, semoga bermanfaat ya

Balas
avatar

Yasallam... Kamu kemana aja ky? Makanya jangan kelayapan mulu 😂😂

Balas
avatar

Istilahnya, secara ga langsung lu promosi kalau lu itu bisa ngedesain gitu kan ya... Wwkkwkwkw

Balas
avatar

cocok ni untuk aku yg suka edit foto

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Untuk hidup sehat, silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus. Ingin bekerjasama? Silahkan kontak julayjo@gmail.com atau by WhatsApp 08966042124, terima kasih.

Follow My Blog

Media Partner