HUT PT.Pertamina Dan Program Kesejahteraan Masyarakat Pesisir Pantai

HUT Pertamina
Kali ini PT.Pertamina menyelenggarakan program Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan. Ribuan orang dari 5 Kota hari Sabtu tanggal 11-11-2016 hadir dalam aksi bersih-bersih Pantai Teluk Penyu, Cilacap, termasuk saya dan rombongan dari blogger Bandung yang turut meramaikan acara ini.
Keseruan bareng penduduk sekitar Pantai


Program Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan dalam rangka HUT PT.Pertamina yang ke-59. Aksi ini tersebar dibeberapa titik antara lain, Pantai Kampung Bugis, Tanjung Uban, Kepulauan Riau, Pantai Mutiara Hijau, Balongan, Jawa Barat, Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, Pantai Grand Watu Dodol, Banyuwangi, Jawa Timur, dan Kampung Atas Air, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dan khusus untuk Cilacap, ada sekitar 1000 orang yang ikut terlibat, dipimpin oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama Pertamina serta jajaran direksi BUMN yang berulang tahun tepat di bulan November dan Desember 2016. 
Ibu Mentri, Direksi dan Jajaran Pt.Pertamina


Rangkaian acara dan Pelaksanaan program Pemberdayaan & Pembersihan Pantai Kampung Nelayan di Teluk Penyu, Cilacap dimana ini merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri.

Sebagai bentuk dukungan, ada beberapa BUMN yang ikut berperan serta dalam program Pemberdayaan & Pembersihan di Pantai Teluk Penyu ini, yaitu Pelindo I, II, III & IV, Pertamina, BRI, Pusri, BNI, Telkom, Antara, Inti, dan DRU. Ibu Rini Soemarno yang turut memberikan dukungannya dan mengapresiasi kepedulian BUMN dalam menjalankan program Pemberdayaan Kampung Nelayan dalam aksi Pembersihan Pantai. 
Aksi bersih-bersih Pantai


Aksi ini merupakan wahana bagi BUMN dalam membuktikan komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan di sekitar pesisir melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) maupun Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Hadirnya BUMN yang bersinergi ini sebagai langkah kecil dan sesuai amanat Presiden RI dalam menciptakan Poros Maritim Indonesia.

Salah satunya menekankan upaya untuk menghidupkan perekonomian berbasis pesisir. Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto yang memberikan bantuan beasiswa untuk para anak nelayan, sarana tangkap ikan, sarana pembersihan dan pengelolaan sampah, pengolahan rumput laut, penyerahan bibit mangrove, perbaikan gedung, pengembangan infrastruktur jalan, perbaikan Mushalla, juga yang lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan warga setempat. 
Peserta Aksi Bersih-bersih Pantai


Beasiswa yang disalurkan kepada 100 pelajar SD, SMP, SMA, sarana tangkap ikan untuk 10 kelompok nelayan, perbaikan gedung HNSI, pembangunan jalan setapak Donan, Kali Anget, perbaikan 20 rumah di Kampung Laut, perbaikan rumah jaga dan paving block di SDN 9, dan perbaikan mushalla. Plus bantuan tambahan dari Pertamina berupa program bank sampah di area TBBM Lomanis, pemberdayaan masyarakat jamur tiram, program mangrove Kampung Laut, program Sehati (perilaku hidup bersih dan sehat), dan pembangunan lima Taman Bacaan.

Dan ada layanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis untuk 1000 orang serta santunan kepada 59 anak yatim. Seperti dikerahui pada umumnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan pantai masih perlu ditingkatkan dan program Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan dilaksanakan untuk mengedukasi langsung masyarakat.

Acara yang sangat meriah ini merupakan suatu pengalaman berharga bagi saya, dan baru tahu juga ternyata Pantai Teluk Penyu ini lumayan bersih. Apalagi area Pantai yang berdekatan dengan Pulau Nusa Kambangan, bisa dijadikan sebagai tempat berlibur yang asik. Banyak lokasi bersejarahnya. Hanya sayang, saya kelelahan untuk mengikuti tour rangkaian acaranya, jadinya hanya menikmati pemandangan Pantai Teluk Penyu tersebut. 
Menikmati panorama Pantai, panasnya


Sunset dan panoramanya itu emang ngangenin banget. Ya, mungkin lain kali jika ada kesempatan, piknik bareng keluarga pasti lebih seru.

Komentar

  1. kegiatan yang bagus dan kita yang terlibat pastinya juga bangga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Tira.. yang jelas acaranya seru banget :D

      Hapus
  2. Waaah syuka dengan kegiatan bersih2 kaya gini moga banyak perusahaan yg mengikuti, dan kesadaran masyarakat jg meningkat akan pentingnya menjaga kebersihan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mba Rahmi.. yang utama emang kesadaran itu..:D

      Hapus
  3. Aih seru banget kumpul kumpul ceria sekalian baksos. pastinya bikin hati gembira apalagi kalau ada akunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekekekeke.. iya, sayang kamunya ga ada Don.. jalan-jalan mulu sih <3

      Hapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dicari

Tips 2 Langkah Sangat Mudah Mengelola Gaji Harian

Peluncuran Rangkaian Make Up Martinez Profesional

Diamlah

MyRepublic, Anteng Streaming Berkat Internet Super Cepat

Cerita ABG Yang Menggairahkan