Fakta Keberadaan Astra Di Indonesia

Fakta keberadaan Astra Di Indonesia
Satu Indoneisa
Kegiatan sebuah bisnis tidak lepas dari lingkungan dan masyarakat sekitar. Begitupun adanya fakta keberadaan Astra di Indonesia yang berprinsip dimanapun Astra berada, senantiasa punya keinginan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Karena memang sebuah perusahaan tidak hanya harus menguntungkan, tapi juga berkelanjutan dan ini sejalan dengan filosofi Catur Dharma (Mempertahankan Ketahanan Usaha Dengan Penuh Tanggung Jawab) yang dimiliki Astra.

Mulai 1 Januari 2016 Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA mulai diterapkan. Produk-produk Astra memiliki daya saing yang cukup mereka memiliki sumber daya manusia yang kompeten dan mampu bersaing di era global. Lantas fakta apa saja yang telah Astra kontribusikan untuk negara kita tercinta ini? Ini hasil riset saya *riset?*...

Fakta pertama

Untuk bidang lingkungan dan tanggung jawab sosial melalui kontribusi konsisten dan berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) berfokus pada program di empat pilar, yaitu: Pendidikan, Lingkungan, Income Generating Activity (IGA) dan, Kesehatan. Di bawah payung Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) telah dikembangkan untuk meningkatkan keterlibatan Perusahaan dalam mendukung pembangunan Indonesia. Program-program Astra Green Company dan Astra Friendly Company menjalankan bisnis berkelanjutan, dengan harapan Goal Astra 2020, ‘Pride of the Nation’ dapat tercapai.
Fakta keberadaan Astra Di Indonesia
Foto diambil dari website Astra

Fakta kedua


Astra menjadi Perusahaan yang tumbuh positif dengan banyaknya penghargaan global bergengsi yang diraihnya, seperti: Best Managed Company, Best Corporate Governance dari FinanceAsia dan Fortune Most Admired Company untuk kinerja operasional serta berbagai penghargaan CSR untuk kinerja tanggung jawab sosial.

Fakta ketiga

Astra awalnya hanya memiliki empat karyawan dan kini telah berkembang luas. Hingga Desember 2015 karyawan Astra berjumlah 221.046, yang bekerja di 198 perusahaan Grup Astra. Laba Astra sepanjang tahun 2015 mencapai Rp 14,464 triliun.

Fakta keempat

Semua hal besar berawal dari hal kecil, demikian pula dengan Grup Astra. Sejarah Astra berawal pada tahun 1957 di Jakarta, ketika Bapak William Soeryadjaya memulai bisnisnya dengan mendirikan sebuah perusahaan perdagangan umum bernama PT Astra International Incorporated. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama perusahaan menjadi PT Astra International Tbk, seiring dengan pelepasan saham ke publik beserta pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia yang terdaftar dengan ticker ASII.

Fakta kelima

Aktivitas bisnis Grup Astra telah berkembang pesat meliputi enam lini bisnis, yaitu otomotif, jasa keuangan, alat berat dan pertambangan, agribisnis, infrastruktur, logistik dan lainnya serta teknologi informasi. Aktivitas bisnis Astra dilakukan oleh 198 anak perusahaan, perusahaan asosiasi, dan jointly-controlled entities yang didukung oleh 221.046 karyawan. Pada Desember 2015, Astra merupakan salah satu perusahaan dengan nilai kapitalisasi saham terbesar di Bursa Efek Indonesia, yaitu sebesar Rp242,9 triliun.

Fakta keenam

Yayasan yang dimiliki Astra 




(YTA) Yayasan Toyota dan Astra (YTA)  didirikan oleh PT Astra International Tbk dan PT Toyota Astra Motor. Frogram YTA berfokus pada program peningkatan kualitas pendidikan dasar, menengah dan para pengajar perguruan tinggi negeri yang sedang melakukan penelitian dalam program Master atau Doktor. 

(YDBA) Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) didirikan oleh pendiri Astra, William Soeryadjaya dengan mengemban misi pembinaan dan pengembangan UMKM di tanah air. Program pembinaan yang diberikan antara lain di bidang manajemen, teknologi, akses pasar, fasilitas pembiayaan, dan teknologi informasi. 

Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) dan Akademi Teknik Federal menjadi Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra). YABI mengemban misi menyelenggarakan institusi pendidikan yang profesional dalam bidang teknologi, khususnya pada bidang yang terkait otomotif dan sumber daya alam, untuk menghasilkan lulusan siap pakai dengan kualitas terbaik di Indonesia. 

(YAHM) Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) merupakan organisasi sosial mandiri guna mendukung kehidupan masyarakat di bidang pendidikan dan sosial melalui program pemberian beasiswa bagi siswa/mahasiswa prasejahtera dan berprestasi serta pembangunan fasilitas pendukung untuk institusi pendidikan, program edukasi masyarakat tentang keselamatan di jalan, program pelestarian lingkungan hidup serta kegiatan amal untuk berbagai aktivitas sosial dan budaya, termasuk bencana alam. 

Yayasan Amaliah Astra (YAA) YAA didirikan untuk membangun Intellectual Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient melalui kegiatan di bidang sosial-keagamaan, tujuannya agar karyawan muslim Astra menjadi muslim yang profesional dan memiliki ketaatan beragama. Kegiatan YAA dilakukan melalui Masjid Astra, seperti perayaan keagamaan dan kegiatan untuk mempererat solidaritas sesama umat Muslim dan meningkatkan pengetahuan agama Islam, mengembangkan dan membina calon pemimpin agama serta juga memfasilitasi pemberian zakat, infaq dan sedekah (ZIS) yang disalurkan untuk beasiswa dan modal wirausaha masyarakat. 

Yayasan Karya Bakti United Tractors (YKB UT) Yayasan Karya Bakti United Tractors (YKB UT) yang menjadi wadah pelaksanaan program pendidikan intensif untuk mempersiapkan operator dan mekanik alat berat yang profesional sesuai standar internasional. 


Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim pada tahun 2010 untuk menghormati Presiden Direktur Astra, Michael D. Ruslim. YPA-MDR memiliki visi untuk membantu sekolah-sekolah tingkat dasar dan menengah di daerah prasejahtera dalam bentuk pengembangan sumber daya manusia, pengembangan kurikulum dan manajemen sekolah yang profesional. 

Yayasan Astra Agro Lestari (YAAL) Yayasan Astra Agro Lestari (YAAL) membangun sekolah mulai TK hingga SMP berikut manajemen sekolah serta menyediakan dan pengembangan tenaga pengajar yang berkualitas, YAAL juga menyediakan perumahan bagi tenaga pengajar di sekolah binaan.
Yayasan Insan Mulia Pamapersada NusantaraYayasan Insan Mulia Pama (YIMP) Fokus program melakukan pengelolaan terhadap infak, zakat, shadaqah, penyelenggaraan dakwah dan kajian serta penyelenggaraan program sosial kemasyarakatan. Dengan visi memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan perusahaan dan masyarakat melalui pembentukan karakter karyawan yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia.

Fakta ketujuh

Astra bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat menyelenggarakan Safari Jurnalistik di berbagai kota di Indonesia dalam rangka mengelola dampak produk dan jasa, reputasi maupun kebutuhan komunikasi perusahaan dikelola dengan baik oleh Astra. Pelaksanakannya melalui berbagai acara seperti media gathering, workshop, media visit, company visit, wawancara, perjalanan jurnalistik, buka puasa bersama media, konferensi pers, seminar, dan penerbitan siaran pers yang dilakukan sepanjang tahun.
Fakta keberadaan Astra Di Indonesia
Astra dan Media

Fakta kedelapan


pada tanggal 4 Juni 2015 Astra menyelenggarakan acara media gathering yang bertemakan Semangat Astra Terpadu untuk Indonesia (SATU Indonesia). Adanya berbagai kegiatan kontribusi sosial yang telah dijalankan selama lebih dari 40 tahun melalui empat pilar CSR utama yaitu Pendidikan, Lingkungan, Income Generating Activities (IGA), dan Kesehatan kepada para pemangku kepentingan dan sejumlah awak media massa.

Fakta kesembilan

Astra telah menetapkan strategi keberlanjutan untuk tahun 2015 yaitu ‘Membangun menuju Tingkatan Berikutnya’ atau ‘Building Up to the Next Level’. Strategi ini merupakan awal dari tahap kedua transformasi Astra, yang dimulai lima tahun lalu, yaitu Going to the Next Level and Next Landscape. Secara keseluruhan, pendapatan bersih konsolidasian Grup Astra turun 9% menjadi Rp 184,2 triliun dibandingkan Rp 201,7 triliun di tahun 2014, sedangkan laba bersih turun sebesar 25% dari Rp 19,2 trilliun di tahun 2014 menjadi Rp 14,5 trilliun.

Fakta kesepuluh

Sepeda Motor Honda Paling Terpercaya di Indonesia Pada tahun 2015, PT Astra Honda Motor (AHM) mendapatkan penghargaan sebagai sepeda motor terlaris dari Top Brand Award 2015. Penghargaan ini sendiri merupakan yang ketujuh kalinya secara berturut-turut bagi AHM dengan berdasarkan survei dari Frontier Consulting Group dan juga Majalah Marketing. Ini merupakan cermin kuatnya kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan sepeda motor Honda di Tanah Air.
Fakta keberadaan Astra Di Indonesia
(Produk Astra, Honda Motor)

Fakta kesebelas

PT United Tractors Tbk (UT) memperkenalkan bis dengan teknologi terbaru di Indonesia, yaitu bis gandeng Scania Euro 6. Bis asal Swedia ini sebagai moda transportasi massal di kota yang memang punya  mobilitas tinggi. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh bis gandeng Scania Euro 6, antara lain: efisien dan ramah lingkungan dengan emisi mesin gas Euro 6, memiliki daya tahan tinggi, nyaman yang disertai tingkat keselamatan berstandar internasional dan dukungan layanan purna jual (UT Guaranteed Product Suport dan layanan kontak pelanggan UT Call 500 072) yang prima dari UT sebagai distributor tunggal Scania di Indonesia.
Fakta keberadaan Astra Di Indonesia
Bis gandeng (foto dari web Astra)


Fakta keduabelas

Astra membina 9.182 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dibina oleh Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dengan perusahaan Grup Astra di seluruh Indonesia.

Ahli Cetakan Mesin Pembuat Komponen Usaha PT Aristo Satria Mandiri dimulai pada tahun 1999 hanya bermodalkan tiga mesin bekas. Perusahaan milik Dadi Siswaya (49 tahun) ini bergerak di bidang usaha precission part, mould, die maker dan special purpose machine telah menerapkan manajemen quality, cost, delivery, innovation (QCDI), Astra basic mentality, leadership dan melakukan kaderisasi dalam menjalankan roda usahanya.


Rahasia sukses usaha Dadi berkat pelatihan yang diselenggarakan oleh YDBA yang bersinergi dengan PT Astra Mitra Ventura (AMV), anak perusahaan Astra. Atas ketekunan dalam menjalankan usahanya, pada tahun 2011, Aristo yang menjadi Perusahaan Pasangan Usaha (PPU) AMV berhasil meraih omzet Rp 15,5 miliar dan memiliki lahan pabrik seluas 2.300m2 serta tiga anak perusahaan yang juga telah menyerap tenaga kerja sebanyak ± 250 orang.

Fakta ketigabelas

Komitmen Astra mendukung perekonomian Indonesia terus ditingkatkan, adanya penambahan investasi dan penyerapan tenaga kerja, serta peningkatan jumlah dan kepemilikan pemasok (supplier) lokal dalam kegiatan produksinya, contohnya: Toyota All New Kijang Innova dengan komponen lokal sebesar 85%, All New Fortuner dengan komponen lokal sebesar 75% serta Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla, duo Low Cost Green Car dengan komponen lokal hingga di atas 90%.

Fakta keempatbelas

Pencapaian produksi hingga 4 juta unit pada 7 Mei 2015, terhitung sejak produksi perdana tahun 1978. Tingkat kandungan lokal produk-produk ADM rata-rata hingga saat ini mencapai 86%. Menjalin kerjasama dengan 261 perusahaan pemasok komponen Lapis Pertama (First Tier) dan 1.105 pemasok komponen Lapis Kedua (Second Tier) yang melibatkan lebih dari 792.000 karyawan.

Fakta kelimabelas

Adanya ajang InnovAstra dimana ini merupakan ajang tahunan untuk menampilkan dan menghargai kemampuan berinovasi seluruh insan Astra di tanah air. Kompetisi InnovAstra juga menjadi wadah dalam menciptakan dan membangun budaya inovasi di dalam perusahaan. InnovAstra telah diselenggarakan selama 31 tahun tanpa henti, sebuah bukti konsistensi Astra menerapkan improvement secara berkelanjutan.


InnovAstra 31 mengusung tema InnovAstra to the Next Level bersesuaian dengan tema Building Up the Next Level. InnovAstra kali ini menghadirkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sebagai inspirasi bagi seluruh insan Astra dan pada kesempatan ini juga diluncurkan buku InnovAstra to the Next Level, sebuah panduan untuk memperkuat dan memperluas inovasi di seluruh Grup Astra.

Fakta keenambelas

Di bidang kesejahteraan

Renumerasi bagi karyawan ditetapkan berbasiskan konsep 3P yaitu “Pay for Position“, “Pay for Person“ dan “Pay for Performance“ sesuai dengan karakteristik industri dan bisnis yang berbeda.

Koperasi Astra

Koperasi Astra International (KAI) dibentuk oleh dan untuk karyawan dengan bermitra dengan Astra untuk di antaranya menyediakan manfaat bagi anggota dan keluarganya. Bentuk manfaat itu antara lain pinjaman dan beasiswa bagi anak karyawan.

Purna Bakti

Astra memperhatikan kesejahteraan karyawan hingga pada masa purna bakti melalui program pensiun. Pelaksanaan program pensiun ini didukung oleh Dana Pensiun Astra yang mengelola seluruh tabungan pensiun karyawan.

Dana Pensiun Astra

Dana Pensiun Astra (DPA) dibentuk sebagai wujud kepedulian terhadap kesejahteraan karyawan setelah memasuki masa purna bakti di perusahaan. DPA bertanggung jawab atas pengelolaan dana pensiun karyawan tetap Astra, melengkapi manfaat dari program jaminan hari tua dan BPJS yang diselenggarakan oleh Pemerintah.

Worklife Balance

Untuk meningkatkan produktivitas dan motivasi karyawan, Astra mengembangkan pelekatan program melalui PORSE (Pekan Olah Raga & Seni) Astra, Astra Mencari Bakat, Partnership Expedition, Family Day, dan acara-acara lain yang melibatkan seluruh karyawan. 
Fakta keberadaan Astra Di Indonesia
Foto diambil dari web Astra

Fakta ketujuhbelas

Program “Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas” (IAABL) sebagai komitmen Astra mengajak masyarakat membudayakan keselamatan berkendara di jalan raya. Dengan tiga program pelaksanaannya, yaitu : 
Fakta keberadaan Astra Di Indonesia
(Foto diambil dari web Astra)

1. Panduan Keselamatan Berlalu Lintas bagi setiap pelanggan yang menggunakan produk Astra serta mengintegrasikan kampanye IAABL pada semua media promosi otomotif Astra.

2. Panduan Keselamatan Berlalu Lintas bagi Masyarakat melalui sosialisasi tips aman berlalu lintas kepada masyarakat yang dilaksanakan melalui talk show di radio, konten social media serta event khusus.

3. Kampanye Keselamatan Berlalu Lintas kepada pelajar mulai dari SD hingga mahasiswa.

Fakta kedelapanbelas

Adanya Astra Green Company (AGC) sebagai perangkat asesmen Astra dalam memantau pencapaian kinerja perusahaan terhadap pilar sistem manajemen  Green Strategy, Green Process, Green Product dan Green Employee serta pencapaian critical point di bidang Lingkungan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja (LK3) dan Kepatuhan Hukum.

Itulah fakta keberadaan Astra yang di tahun ini genap berusia ke 60 tahun. Keberadaan Astra selayaknya jadi perhatian kita sebagai masyarakat dan konsumen dari berbagai produk yang mereka hasilkan. Ini hanya garis besarnya saja karena, nyatanya masih banyak sumbangsih Astra lainnya yang jarang diketahui masyarakat umum. Kesungguhan Astra itu nyata dan semua yang mereka lakukan demi terwujudnya kesejateraan bangsa Indonesia

Sumber dari : 
https://astra.co.id/Investor-Relations/Annual-Report
https://astra.co.id/CSR/Sustainability-Report
Semangat Astra Terpadu (foto diambil dari web Astra)

Komentar

  1. Faktanya banyak dan mengejutkan banget... Gak heran Astra jadi impian tempat kerja hihi... Sepertinya kerja disana menjanjikan yah tante yul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owh.. iyalah tentu sangat menjanjikan Win.. gajinya itu lhoo.. :D

      Hapus
  2. Fakta-fakta yang menarik ini tentu saja di dukung dengan kualitas astra yang selalu berusaha menjaganya, jadi wajar sih kalo bisa terus berkembang. kepercayaan konsumennya selalu di jaga. salut!
    Saya pribadi kalo service kendaraan slalu di Astra dan selalu ditinggal tanpa dipelototin karena takut barang/kendaraan dirusak, saking percayanya sih. sangat menginspirasi dan patut di contoh sama perusahaan-perusaan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, Astra selalu mengedepankan kepuasan pelanggannya.. terbukti kan?..

      Hapus
  3. Wajr saja astra jadi sasaran tempat kerja .. Temen ad kerja di astra gaji nya lumyan ... Lebh dri ckup...
    Dan untk motor honda nya emang the best value dah...
    Perkembngan ny emng manteb mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kan kalau Astra sebagai perusahaan idaman para pencari kerja.. ada jargon yang mengatakan "motor itu ya Honda" hihihihi

      Hapus
  4. Astra emang keren jaya, banyak dulu teman-teman saya yg bercita-cita kerja di perusahaan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah berapa lamaran yang diajuin? didoain deh suatu saat menjadi salah satu bagian dari perusahaan Astra ;)

      Hapus
  5. Waktu kuliah kebetulan ada dosen tamunya hrd Astra. Emang keren banget perusahaan ini. Ga heran kalai terus maju. Karyawannya pun cinta dan loyal sama perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. The best value ya Fi?.. sebuah perusahaan yang keren banget ;)

      Hapus
  6. Bangga pernah berada walapun sebentar di mari... 1 kata buat astra "KEREN" lah astra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owh.. Lu pernah PKL di Astra ya Dus... Haraoan gw anak gw yg gede bisa jadi bagian Astra juga ;)

      Hapus
  7. Kusangka ASTRA hanya perusahaan otomotif semata.. ternyata, aku salah.. Nice info mbak.. Dengan begini, banyak orang lebih tau dan paham apa dan siapa itu ASTRA.. Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya gw ngira gitu juga Meko... Ternyata kontribusi Astra sampai pelosok pun ada. Keren ya

      Hapus
  8. faktanya bikin wow semua nya kak. Nice artikel bgt. serta sukse buat ASTRA saluut

    BalasHapus
  9. Ternyata Astra mempunyai banyak sekali yayasan ya mak pantesan ajja astra snagat maju sampe saat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dik.. perusahaan idaman para pekerja lho :D

      Hapus
  10. Keren fakta-faktanya, ya. Coba saya baru lulus kuliah. Mau deh kerja di Astra :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiihihih.. ngelamar aja mak.. siapa tau lagi hoki :D :D

      Hapus
  11. Ternyata lini bisnis Astra nggak hanya di bidang otomotif aja, ya, Teh :)
    Program-program dan yayasannya kereen...sangat bermanfaat untuk masyarakat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sebagian dari kita menganggapnya hanya perusahaan otomotif belaka..

      Hapus
  12. Tak kira Astra hanya bergerak di bidang otomotif saja, ternyata tidak ya...
    Mantap fakta-fakta tentang Astra, semoga semakin maju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin (mewakili perusahaan) terima kasih atas apresiasinya, sudara :D

      Hapus
  13. 18 fakta yang mengejutkan banget mak Yul. Pantes aja ada tetangga kerja di perusahaan itu kayaknya sejahtera banget. :)

    Motor dirumah semua honda dan masih punya impian ganti matic yang keluaran baru. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang lama lempar bt emak aja yaah.. mayan buat ke pasar..muehehe

      Hapus
  14. Mak Yul sedang bersemangat. Pasti berkat kopi dan bala bala yang sedap menggoda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Don, semangat lagi kalau kamu jadi ajakin aku piknik keliling duniaaah wkwkwk

      Hapus
  15. Benar2 enggak nyangka kalau awalnya karyawan Astra cuma 4 org mbk. Skrng udah jd perusahaan besar dan program CSR yg luar biasa ya, TfS :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan sesuatu yang besar awalnya kecil dulu *ist :D

      Hapus
  16. Jadi fakta nya astra itu baik yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya doong, yg ga baik siapa hayooo? Wkkwkwkw😂😂😂

      Hapus
  17. Semoga Astra tetap mempertahankan prestasinya.
    Mak Yul kerreen banget tulisannya.

    BalasHapus
  18. Wah, keren Makyul bisa merangkum 18 fakta Astra dg lengkap dan informatif. Ternyata ada banyak sekali anak perusahaan Astra yang baru saya tahu. Foundernya pasti bangga sekali.

    Oya, saya tertarik dg bus gandeng itu, penasaran kayak apa bentuknya. Hihi

    BalasHapus
  19. Kirain Astra cuma urusan motor dan mobil, ternyata byk bgt faktanya. Ada umkm lg. Bneran baru tau

    BalasHapus
  20. Wow... faktanya banyak banget mbk. Pantesan ya astra itu terkenal banget dan banyak yg make produknya. Sdh terpercaya sih ya.

    BalasHapus
  21. Astra emang termasuk perusahaan yang bagus setau aku, tapi kenapa aku ngga masuk astra?? #tanyakanpadatukangbala2
    Teh, next time coba dibuat teh, fakta keberadaan bala-bala di Indonesia, itu tulisan sangat menarik dan pasti jadi heits!

    BalasHapus
  22. Gede banget emang ya Astra itu.. Banyak lini bisnisnya. Dan dari dulu selalu jadi perusahaan idaman para fresh graduate.

    BalasHapus
  23. Faktanya.. Suami saya kalau beli alat-alat buat mesin kendaraan selalu beli yang merek astra. Dan emang terbilang awet kalau perawatannya sesuai.

    BalasHapus
  24. keren si Astra, sampai sekarang masih terus eksis. CSR nya pun banyak

    BalasHapus
  25. Nama saya Lady Rhoda Eny seorang guru sekolah di malaysia berkahwin tetapi suami saya meninggal dunia dalam kemalangan kereta, Saya ditinggalkan dengan tiga kanak-kanak kepada diri saya sendiri untuk melatih, pada 9 Okt 2016 anak saya akhirnya keluar dengan kawan-kawannya untuk pakej hiburan ( Subang Jaya) dalam 3, Jalan PJS 11/11, Bandar Sunway, 47500 Petaling Jaya, Selangor, Malaysia, malangnya brek gagal dan mengalami kemalangan yang teruk yang hampir kos mereka kehidupan mereka, tetapi Allah masih disimpan tetapi anak-anak saya mempunyai kecederaan dan doktor RM20 permintaan. 000 Saya tidak mempunyai, jadi saya memutuskan untuk mencari pinjaman mana-mana tetapi ia tidak berjaya, dan anak saya akan mati, jadi saya mula berdoa kepada Allah untuk membantu saya kerana saya tidak mempunyai satu, I 'ma janda yang tidak membantu dengan pinjaman, saya juga cuba bank tetapi mereka mendakwa collecterial saya sekali lagi, jadi saya pergi melalui internet di mana saya boleh mendapatkan pinjaman, saya berpendapat bahawa saksi pinjaman dipanggil Lady Jane (ladyjanealice@gmail.com) jadi saya melalui e-mel beliau dan dia memberitahu saya saya perlu hubungi En Dangote melalui e-mel (dangoteloangroupdepartment@gmail.com) jadi saya lakukan.

    i telah diminta untuk mengisi borang dan mengemukakan kad ID saya untuk pengesahan, dan kemudian dihantar pulang ke e-mel yang lengkap dan ditandatangani dokumen dan di tengah-tengah malam saya menyemak akaun bank saya, saya terkejut berapa banyak saya untuk permohonan pinjaman itu telah dipindahkan ke akaun bank saya gembira, saya berdoa kepada Tuhan untuk pertolongan dan dia menghantar Mr. syarikat pinjaman. bantuan mr Dangote, anak saya adalah baik dan sihat, terima kasih kepada Jane dan Encik Dangote, hubungi saya melalui e-mel untuk maklumat lanjut dan membuktikan ladyrhodaeny@gmail.com.

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dicari

Tips 2 Langkah Sangat Mudah Mengelola Gaji Harian

Peluncuran Rangkaian Make Up Martinez Profesional

Diamlah

Inovasi Balitbang PUPR Ciptakan Lingkungan Sehat

14 Perbedaan Cara Senyum Orang Rusia dan Indonesia