Tau Dari MI PLAYPLAN Ternyata Anakku Punya Bakat Menonjol Dibidang Musik

Mengembangkan kecerdasan kognitif emosi dan mental seorang anak adalah tanggung jawab kita selaku orangtua, bagaimana kita menggiring dan membekalinya dengan pengetahuan dan nilai-nilai yang baik. Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak ada hal yang perlu kita perhatikan sejak dini. Karena perisai pelindung tumbuh kembang anak ada dalam bimbingan kita sebagai orangtuanya, dengan membekalinya pengetahuan dan keterampilan. Potensi setiap anak pasti berbeda, disinilah peran orangtua dalam menerapkan langkah apa saja yang sekiranya dibutuhkan oleh mereka. Bukan saja pendidikan akademis yang harus ditempuh, pendidikan non akademis pun harus bisa sejalan supaya perkembangan potensi anak bisa maksimal.

(foto logo dokumen MoriCare+prodiges)

Berbekal kesehatan fisik, spiritual, kecerdasan intelektual dan emosi yang harus kita persiapkan di era Generasi Platinum anak. Seperi yang diutarakan DR. Ahmad Suryawan, SpA(K), ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, RSUD Dr. Soetomo. Beliau menjelaskan ada tiga sisi susunan yang membingkai dan jadi satu kesatuan untuk saling menguatkan atau disebut “Perisai Pelindung”. Pada sisi pertama dinamakan struktur dan sirkuit otak yang membentuk organ dengan sehat dan kuat. Sedangkan untuk sisi kedua yaitu terbentuknya system kekebalan tubuh yang sanggup melindungi dari pengaruh negatif lingkungan sekitar terhadap anak. Dan untuk sisi ketiga terbentuknya bangunan fisik tubuh yang mampu tumbuh sesuai harapan dan tahapan tumbuh kembang anak.
(foto dokumen MI PlayPlan)

Untuk mewujudkan multitalenta dan kecerdasan anak sejak dini peran stimulasi dari berbagai aktivitas yang kita fasilitasi dalam mengembangkan potensi buah hati amatlah penting, supaya buah hati tumbuh menjadi Generasi Platinum yang Multitalenta. Dalam hal ini Morinaga memberikan dukungannya dengan mempersembahkan MoriCare+Prodiges dalam mensinergikan peran antara nutrisi dan stimulasi sebagai Perisai pertumbuhan yang tepat dan seimbang. Yang juga diketahui dalam pemilihan stimulasi ini tidak bisa antara anak satu dan anak lainnya disamaratakan, karena ya itu tadi setiap anak pasti berbeda walau umur sama tapi kemampuan dan daya tangkap tidak bisa diseragamkan. Inilah langkah awal perlunya kita sebagai orangtua memahami dan mengetahui potensi apa saja yang dimiliki anak kita.

(foto logo dari Morinaga)

Peran dari MoriCare+Prodiges, lebih dari sekedar nutrisi atau beyond nutrition yang akan membantu perberkembangan dan membimbing untuk menggali potensi unik sang buah hati, supaya kelak mereka kuat dalam menghadapi berbagai tantangan global. Hadirnya MoriCare+Prodiges ini memberikan pemahaman buat kita khususnya saya sebagai orangtua dalam mengenali konsep kecerdasan Majemuk (Multiple Intellegence) secara lebih dalam. Bahwa tiap-tiap anak menyimpan kecerdasan tersendiri, dan jenis kecerdasan itu tidak selalu harus berpatokan pada IQ. Kecerdasan majemuk ini merupakan teori baru seorang pakar psikologi dari Harvard, Dr. Howard Gardner. Beliau mengatakan “ada banyak kecerdasan yang dimiliki oleh setiap anak yang bisa digali lebih dalam lagi”. Berangkat dari hal inilah MoriCare+Prodiges menghadirkan sebuah inovasi berupa modul digital yang berjudul Multiple Intellegence PlayPlan atau disebut MI PlayPlan.
(foto logo dari MI PlayPlan)

Modul MI PlayPlan ini mencakup stimulasi 8 tipe kecerdasan, yaitu kecerdasan Musikal, kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Interpersonal, kecerdasan Naturalis, kecerdasan Visual Spasial, kecerdasan Linguistik, kecerdasan Logika Matematika dan satu lagi kecerdasan Kinestetik. Hanya dalam 3 langkah modul ini dapat kita terapkan dengan mudah.

Langkah pertama: Identifikasi: fungsinya untuk mengenali jenis kecerdasan yang kurang dominan, gunanya membantu kita para orangtua saat menentukan stimulasi lebih spesifik yang diperlukan buah hati.
Langkah kedua: Stimulasi: yang berperan penting mendeteksi talenta saat kecerdasan sudah teridentifikasi, dengan memberi stimulasi lebih spesifik sesuai dengan tipe kecerdasan dan usia anak kita. Stimulasi yang mendukung dan tersedia, berupa agenda bermain anak juga jenis ide permainan lainnya.
Langkah ketiga: Evaluasi: pada tahapan ini berguna untuk mempertajam kecerdasan si kecil yang kurang dominan.
(foto logo dari MI PlayPlan)

Dengan harapan si kecil bisa tumbuh menjadi Generasi Platinum yang multitalenta, seperti yang diungkapkan Helly Oktaviana, Business Unit Head Nutrition for Kids, Kalbe Nutrition bahwa untuk bisa unggul di satu bidang, entah itu musikal, tari, melukis dan jenis keterampilan lainnya yang perlu diasah, juga harus mampu mengembangkan kecerdasan interpersonalnya. Maka dengan adanya modul stimulant MI PlayPlan persembahan Morinaga ini berguna untuk memfasilitasi kita para orantua dalam mengembangkan dan membimbing multitalenta anak secara konsisten dan optimal.
(foto dokpri)Untuk login register dulu, periksa email pengaktifan

(foto dokpri) Selanjutnya kita bakal dituntun menuju hal-hal yang akan dipertanyakan

(foto dokpri) Sedikit dari 63 pertanyaan yang harus kita jawab

Tiga langkah yang sudah dijelaskan tadi telah disusun sedemikian rupa untuk memudahkan kita selaku orangtua, khususnya saya dalam membantu dan mempermudah saat mengidentifikasi kecerdasan serta merancang aktivitas bermain anak. Terus apa sih yang membuat saya tertarik mengakses MI PLAYPLAN? Jawabnya tidak lain adalah.. saya jadi paham bahwa si kecil Kenzy ternyata mempunyai kemampuan lebih menonjol dibidang musik. Pantas saja hampir setiap hari si kecil selalu mencari apapun benda yang sekiranya bisa menimbulkan bunyi-bunyian, cepat menghapal lagu-lagu dan paham not-not lirik nyanyian, rumah kami selalu berisik dengan berbagai irama.

Langkah-langkah apa saja yang harus saya buat untuk menunjang kemampuannya selain mempraktekkannya dengan alat peraga, tentunya  dukungan penuh dari kami orangtua dan kakak-kakaknya, yang kebetulan ”dulu” ayahnya pemain musik, maka anak-anak kami pun ikut bakat ayahnya. Kalau bakat dari saya sebagai Ibunya apa ya? *sambil mikir*… O, iya saya mungkin di prakarya, karena keluarga saya hampir semua berbakat di bidang seni terutama gambar dan keterampilan tangan lainnya. *hihi, maaf tidak bermaksud sombong ya*

 
(foto dokpri) Saking senangnya bisa bikin gitar sendiri, sampai belum jadipun sudah dimintanya dan langsung ngajak nyanyi kakaknya


Berkat pengetahuan dari MI PlayPlan kami sekeluarga jadi lebih sering berkumpul bersama, kakaknya membantu membuat keterampilan sambil ngajarin si kecil Kenzy, dan anaknya semangat banget, ya walaupun seringnya lari sana-sini entah itu corat-coret di kertas yang mau digunting kakaknya ataupun memenpelkan pernak-pernik tidak pada tempatnya, kulkas misalnya. Ah..tapi namanya juga anak baru usia 3 tahun, jadi wajar saja kalau ia selalu ingin mengeksplor apa yang menjadi ketertarikannya.
(foto dokpri) Asik mewarnai gambar sampai-sampai spidol habis sekaligus dipretelinya, hiks
                                               

(foto dokpri) Aksi corat-coret gambar, anaknya masih seneng dengan warna-warna dari crayon, sedangkankan untuk media belum membuatnya tertarik

(foto dokpri) Dibagian ini, si kecil Kenzy saya ajak untuk ambil bagian untuk melipat/menutup tugas apa saja yang sudah dilakukan. Tapi sebelumnya saya ajak dulu untuk membuat papan jadwal yang kami tempel di kulkas, supaya memudahkan si kecil saat melakukan tugasnya.


Sstt, tapi beneran loh setelah menjawab 63 pertanyaan yang diajukan dari aktivitas MI PlayPlan ini saya jadi termotivasi untuk mengembangkan bakat si kecil Kenzy kami. Dan inilah sedikit dari hasil survey dari MI PlayPlan tentang kemampuan apa saja yang dimiliki Kenzy.
(screenshot dari web MI PlayPlan)

(screenshot dari web MI PlayPlan)

Selain hal yang saya ceritakan diatas dengan mengakses MI PlayPlan ini kita bisa membuat jadwal apa saja yang akan dilakukan untuk mengisi kegiatan bermain anak plus panduan dan tata caranya, asik banget pokonya. Jadi kita ga usah bingung lagi mencari panduan untuk aktivitas hari-hari bermain anak, mau menggambar atau nyari resensi alat bermain semua disediakan, mudah ko kita tinggal mencetak (print) sudah jadi bahan yang bisa dipakai si anak nantinya dan tidak perlu lagi ke toko buku *catet :D
 
Tau Dari MI PLAYPLAN Ternyata Anakku Punya Bakat Menonjol Dibidang Musik
Ini jadwal yang sudah saya buat untuk si kecil Kenzy

Bahagia rasanya melihat perkembangan dan kemampuan si kecil, walau anaknya lumayan hiperaktif tapi semenjak tau dari MI PlayPlan ternyata anakku punya bakat dibidang musik, kami sekeluarga mendukung keinginannya, yaa siapa tau kelak ia jadi terkenal, amiin *semoga

Share this :

Seorang emak dari 3 orang putra yang tinggal di Bandung. Kalau ada apa-apa bisa kontak email julayjo@gmail.com ya

Previous
Next Post »
15 Komentar
avatar

Hahahah... artis sungguhannya ga berani nongol takut tambah tenar Die...

Balas
avatar

Hayuuk mak, dicoba seru lho.. jadi suka mantengin web satu ini.. banyak gambar referensi bt anak

Balas
avatar

Hayuuk mak, dicoba seru lho.. jadi suka mantengin web satu ini.. banyak gambar referensi bt anak

Balas
avatar

Asiik.. kenzy.. Gitarnya sama nih dengan Salim :-)

Balas
avatar

Hai mak Leyla... anak kita seumuran ternyata, lagi cakep-cakepnya ya... :(

Balas
avatar

Hai mak Leyla... anak kita seumuran ternyata, lagi cakep-cakepnya ya... :(

Balas
avatar

Bundanya jd kreatif jg ya dengan adanya MI playplan:)

Balas
avatar

Hahaha, mau ga mau musti kreatif mak.. tuntutan anak :D

Balas
avatar

Seru ya mbak. Ntar coba tengokin webnya deh.

Balas
avatar

Iya seru banget... gampang lagi, tinggal pilih modul buat si kecil bebas sesuai usia mbak

Balas
avatar

Iya seru banget... gampang lagi, tinggal pilih modul buat si kecil bebas sesuai usia mbak

Balas
avatar

Wahh, Kenzy bisa jadi penyanyi :) :)

Balas
avatar

Boleh lah saya numpang nongol disini walau komennya tak nyambung yach

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Untuk hidup sehat, silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus. Ingin bekerjasama? Silahkan kontak julayjo@gmail.com atau by WhatsApp 08966042124, terima kasih.

Follow My Blog

Media Partner