Mengenali Gejala Menopouse Dini

Gejala Menopouse Dini
Gejala Menopouse Dini

Perempuan itu ditakdirkan dengan berbagai macam kodratnya, salah satunya Menopouse. Iya, Menopouse ini pastinya bakal dialami semua orang. Dan tumben-tumbennya saya tertarik sama Menopouse ini, ada apa gerangan pemicunya? Hahaha.. sebenernya ini adalah sesuatu yang saat ini saya rasakan. Lho?. Iya, jujur lho saya baru menyadari kalau saya ini ternyata mulai terjangkit Menopouse dini, ko bisa? Apa saja ciri-ciri dan kendala yang dihadapi? Baiklah mari simak apa yang akan saya uraikan berikut ini.

Menopouse Dini

Ini adalah suatu kondisi dimana saya menyadari  ada hal berbeda yang diraskan, yakni suatu kondisi dimana berakhirnya masa menstruasi. Sudah hampir 8 bulan ini saya tak mendapat menstruasi dan engga tidak juga cara untuk menentukan berapa lama perimenopause ini akan terus terjadi. Dan katanya sih stadium masa monopouse dini ini merupakan bagian terakhir yang menandakan akhir dari masa reproduksi. Penurunan fungsi indung telur selama masa menopause dini ini berkaitan erat dengan dengan penurunan hormon estradiol dan produksi hormon androgen. Namun ternyata masih dimungkinkan apabila dalam masa menopause dini untuk hamil, itupun jika mengalami menstruasi selama masa menopause dini meskipun siklus menstruasi yang dialami tidak teratur.

Gejala Menopouse Dini

Disebabkan perubahan kadar estrogen dan progesterone, fungsi ovarium berkurang, maka ovarium lebih sedikit menghasilkan estrogen atau progesteron dan tubuh memberikan reaksi. Ada sih  juga sih yang hanya mengalami sedikit gejala, dari yang sifatnya ringan sampai berat. Dan ini adalah normal, karena secara perlahan, tubuh menyesuaikan diri terhadap perubahan hormon.
Gejala yang saya rasakan diantaranya :

Mengalami perubahan periode menstruasi  dari berkurang awalnya, sampai saat ini belum mendapatkan menstruasi.
Hot Flashes, merasakan tubuh sering mendadak seperti kepanasan, berlangsung selama 30 detik sampai 5 menit
Perubahan suasana hati. Sering berkeringat dimalam hari, kelelahan, mudah tersinggung, susah tidur dan gelisah, karena berkurangnya kadar estrogen.
Berkurangnya cairan vagina otomatis jadi ga minat sama hubungan suami istri
Tidak bisa nahan buang air kecil
Lemak di pinggang semakin berasa
Konsentrasi dan daya ingat berkurang
Jantung sering berdebar, apalagi saat mendapati dompet kosong, hahahaha
Semua itu mulai saya rasakan sejak beberapa tahun ini, mungkin karena gaya hidup yang saya jalani tidak begitu baik. Kurang olah raga iya, kurang tidur apalagi, banyak pikiran (isi dunia ada dalam otak semua :D). Yang jelas sih saya tidak mau terjebak dalam keadaan ini, mulai deh tuh sedikit-sedikit tiap pagi olah raga, kadang jalan kaki keliling komplek atau peregangan otot. Jangan lupa memeriksakan diri ke dokter  minimal setahun sekali itu lebih baik.

Nah, semoga saja apa yang saya ceritakan ini bisa menjadi acuan untuk mewaspadai gejala menopause dini ini. Tidak usah resah dan gelisah karena semua pasti mengalami. Enjoy aja, nikmati dan syukuri. Betul nggak.. :D





Share this :

Seorang emak dari 3 orang putra yang tinggal di Bandung. Kalau ada apa-apa bisa kontak email julayjo@gmail.com ya

Previous
Next Post »
20 Komentar
avatar

Jadi udah monopous nih....... :D

Istriku malah hampir 15 tahun nikah sama saya tidak menstruasi karena hamil dan nyusuin terus sih

Balas
avatar

Hahaha, begitulah mas :D :P

Waduh produksi terus dong yaa.. :D :D :D

Balas
avatar

Jantung berdebar ketika melihat dompet kosong.... duh... jangan2 aku dah mulai menopause dini nih....

Balas
avatar

hahaha.. mba Ade, kalo yang ini kayaknya semua perempuan sudah menjadi menopouse dini..

Balas
avatar

yaaa sama kalau jantung berdebar lihat isi dompet sih saya yang umurnya 19 tahun gini juga bisa kena gejala menopause dong .. hahahahaha

Balas
avatar

Waduuuuh, kok gitu yak tanda-tandanya hiksss

Balas
avatar

Waahh, bermanfaat banget ini informasinya.. ^^

Balas
avatar

wkwwk.. Bil, ini bisa buat jaga-jaga aja yaa.. tar nyari suami yang banyak duitnya, biar ga kena sindrom nmenopouse :D :D :D

Balas
avatar

Nanti juga kamu ngalamini lho Yu.. :D

Balas
avatar

Owh berarti kemungkinan ibuku udh mulai kyk gt.

Balas
avatar

menopouse usia blm terlalu tua malah enak mbak.... tenaga kita msh fit dong...eh kita...eh kayaknya saya jg deh hehehehe

Balas
avatar

Nah, musti dimengerti kalau-kalu ibumu suka uring-uringan ya dek :D

Balas
avatar

Iya, enak malah.. merdeka ga usah bayar hutang kalo pas puasa ya.. hahaha.
nah lho dirimu juga ternyata :D

Balas
avatar

oh jadi klo ibu-ibu udah mudah tersinggung dan sering uring-uringan tandanya bisa jadi udah mau menopouse ya...

Balas
avatar

jantung deg-degan apalagi klo dompet kosong,wahhh sy pya gejala itu mbak!hehee... dinikmati aja ya mba smua perempuan pasti mengalami menopause suatu saat nanti,salam... :)

Balas
avatar

Menurut penelitian sih begitu :D

Balas
avatar

Betul sekali mak, enjoy aja sih :D

Balas
avatar

Mbak yuli KB ga? Katanya kalo KB juga bisa mempengaruhi siklus haid. Itu bs jd penyebab menopause dini ga sih?

Balas
avatar

Kirain mitos klo cwe lagi uring - uringan mau atau sedang M, ternyata bener, makasih mbak infonya, jadi nambah pengetahuan....

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Untuk hidup sehat, silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus. Ingin bekerjasama? Silahkan kontak julayjo@gmail.com atau by WhatsApp 08966042124, terima kasih.

Follow My Blog

Media Partner