Hari Anak Nasional, Dulu Suka Main Apa?

Hari ini tanggal 23 Juli diperingati sebagai hari Anak Nasional, ini sesuai dengan keppres RI No 44 Tahun 1984, ini saya kutip dari wikipediaindonesia. Pihak Google pun ternyata sangat mengapresiasi hal ini dengan logo gambar Congklak.


Gambar diambil dari Google.com

Pernah main alat ini waktu kecil? Ya saya pernah dan selalu juara, karena memainkan permainan congklak ini sangat mudah yang belum bisa pasti langsung paham begitu main sekali. Tapi ternyata Congkak bukan permainan asli tradisonal Indonesia lho, konon katanya ini akibat dari pertukaran budaya luar yang masuk ke Indonesia jaman dulu.

Karena para ahli arkeolog dari National Geographic menemukan lempengan batu kapur di wilayah Yordania yang bentuknya memanjang dengan beberapa cekungan berderet pararel. Dan ini diyakini sebagai papan permainan tradisional bernama "congklak". Sebuah kebudayaan yang sangat kuno dan mungkin salah satau permainan tertua yang dikenal diperadaban moderen.

Jadi? Ini sebenarnya bukan alat tradisional asli Indonesia. Tapi karena beratus-ratus tahun lamanya alat ini sudah memasuki wilayah kita yang pada saat itu dibawa dari para pedagang asal afrika. Telah menjadi bagian dari tradisi kita. 

Waktu kecil permainan ini sangat saya sukai, terutama saat bulan puasa. Sambil ngabuburit nunggu beduk tiba. Ahh.. jadi inget masa kecil dulu. Congklak saat ini hampir tidak ketahui oleh sebagian anak-anak, tergeser permain game modern tinggal nunjuk tangan bisa asyik bermain seharain.

Saatnya berburu alat ini, soalnya Congklak sudah masuk kategori barang unik buat pajangan.

Congklak tipe kw murah meriah

Share this :

Seorang emak dari 3 orang putra yang tinggal di Bandung. Kalau ada apa-apa bisa kontak email julayjo@gmail.com ya

Previous
Next Post »
9 Komentar
avatar

saya jadi teringat...waktu kecil permainan congklak ini menjadi salah satu mainan kesukaan saudara perempuanku, ternyata asalnya dari yordania ya....
keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

Balas
avatar

wah, congklak punya saya dulu isinya biji sawo, keren banget dan terbuat dari kayu yang bagus dan kuat tdk seperis ekarang pakai plastik

Balas
avatar

Hehe.. iya Om Har.. mainan masa lalu yang sudah digeser masa kini
Terima kasih kunjungannya, salam

Balas
avatar

hihi mak Hastira sama, dulu saya juga sukapke biji sawo atau biji buah soka.. makany yang kayu itu sekarang jadi barang antik, agak susah dicari..

Balas
avatar

Maaaakk!!!! Gw ada tuh yg kunoooo bingits ntar yak di share di sini ^-^

Balas
avatar

Kl aku dulu ngelubangin tanah mak.namanya dakon :)

Balas
avatar

Waduh seriusan neh.. jadi pengen main congklak lagi nih :D

Balas
avatar

Mak Zwan dakon sejenis permainan apaan tuhh.. ?

Balas
avatar

aku sukaaaa banget mainan congklak mak..punya versi mini dan buahnya pakai kerang...sebentar lagi mau ngajarin Obi main congklaaak ah :)

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Untuk hidup sehat, silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus. Ingin bekerjasama? Silahkan kontak julayjo@gmail.com atau by WhatsApp 08966042124, terima kasih.

Follow My Blog

Media Partner