BELAJAR DISIPLIN


Belajar disiplin diri merujuk pada pelatihan yang didapatkan seseorang untuk memenuhi tugas tertentu atau untuk mengadopsi pola perilaku tertentu, walaupun orang tersebut lebih senang melakukan hal yang lain. Sebagai contoh, seseorang mungkin saja tidak melakukan sesuatu yang menurutnya memuaskan dan menyenangkan dengan membelanjakan uangnya untuk sesuatu yang ia inginkan dan menyumbangkan uang tersebut kepada organisasi amal dengan pikiran bahwa hal tersebut lebih penting. 

Secara etimologi disiplin berasal dari bahasa Latin “disibel” yang berarti Pengikut. Seiring dengan perkembangan zaman, kata tersebut mengalami perubahan menjadi “disipline” yang artinya kepatuhan atau yang menyangkut tata tertib. Disiplin memerlukan integritas emosi dalam mewujudakan keadaan. disiplin diri dapat bermula pada suatu hal yang kecil, contoh : bagi pelajar yang mampu membagi waktu belajar, membagi waktu beribadah sehingga tak menimbulkan suatu pertabrakan kegiatan pada waktu yang sama.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disiplin adalah ketaatan atau kepatuhan terhadap peraturan. Ketaatan berarti kesediaan hati secara tulus untuk menepati setiap peraturan yang sudah dibuat dan disepakatibersama. Orang hidup memang bukan untuk peraturan, tetapi setiap orang pasti membutuhkan peraturan untuk memudahkan urusan hidupnya.

Analoginya sederhana. Kita bisa perhatikan pentingnya peraturan itu dalam lampu lalu lintas. Ketaatan setiap pengendara terhadap isyarat lampu lintas jelas membuat kondisi jalan menjadi tertib dan aman. Bayangkan ketika masing-masing pengendara mengabaikan peraturan berupa isyarat lampu lalu lintas itu. Pasti kondisi jalan akan kacau, macet, dan bahkan memicu terjadinya kecelakaan.

Mengapa disiplin itu sulit ?

Kebiasaan yang kita lakukan akan menentukan masa depan kita. Kebiasaan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik, begitupun sebaliknya, namun untuk membiasakan kebiasaan baik itu tidak mudah. Mengapa demikian ?
Manusia memiliki sifat – sifat mendasar seperti : cenderung bermalas -malasan, ingin hidup seenaknya mengikuti keinginan hatinya dan keinginan untuk melanggar peraturan – peraturan yang ada.

Kita selalu menganggap pekerjaan sebagai suatu kewajiban apapun beban yang harus dilakukan, bukan sebagai kesenangan. Pepatah mengatakan “ kita akan lebih mudah menerapkan disiplin diri jika kita mencintai apa yang kita kerjakan ”.
Manusia cenderung cepat bosan jika melakukan kegiatan yang sama dalam jangka waktu lama.

Tips untuk dapat hidup dengan disiplin, dengan cara :

Kalahkan diri sendiri.
Lakukan kegiatan selingan sesekali di luar rutinitas.
Fokuskan fikiran pada tujuan akhir yang ingin dicapai.

Tips untuk meningkatkan disiplin diri, dengan cara :

Tetapkan tujuan atau target yang ingin dicapai dalam waktu dekat.
Buat urutan prioritas hal – hal yang ingin kita lakukan.
Buat jadwal kegiatan secara tertulis.
Lakukan kegiatan sesuai dengan jadwal yang kita buat, tetapi jangan terlalu kaku.
Berusahalah untuk selalu dsiplin dengan jadwal program kegiatan yang sudah kita susun sendiri.

Komentar

  1. Bener mak...kadang menerapkan disiplin sangat susah ya...padahal kalau sadar dari dirinya sendiri sangat mudah

    salam kenal mak dari Jakarta
    liswanti627.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. iya sama saya juga masih kesulitan belajar disiplin, tapi mungkin ini secara bertahap kali ya mba Lis..

      salam kenal balik. siap meluncur deh

      Hapus
  2. Pengertian disiplin yang pernah saya pelajari : Disiplin adalah kepatuhan dan ketaatan terhadap perintah,peraturan ,norma yang beralku berdasarkan keikhlasan dan kesadaran bhwa memang demikin seharusnya. Ini yang dimaksud disiplin lahir batin.Bukan hanya disiplin kalau sedang dilihat atau diawasi oleh orang lain terutama oleh atasannya.

    Disiplin itu memang penting

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali P'de,, saya setuju. Terima kasih masukannya, ini pelajaran yang baik buat saya tentunya

      Salam Hangat dri Bandung

      Hapus
  3. lalu bagaimana cara menghadapi orang yang tidak disiplin mba? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia mba Moccen... Kayanya harus dari diri kita sendiri, nanti dengan sendirinya orang lainpun akan mengikuti.. mudah-mudahan hehehe

      Hapus
  4. aku tergolong orang yang nggak disiplin....., susah banget untuk disiplin...., pakai bedak aja.., kadang pake kadang nggak... :) *parah..deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya kita sama mba Nov,, Cuman yaitu tadi saya sedang mencoba mendisplinkan diri dengan hal-hal kecil dulu, malah berusaha keras.. hehehe

      Hapus
  5. Belajar disiplin itu paling enak diterapkan dalam anak usia dini deh Mba, kalau yang sudah tua agak lemot. he,, he,, he,,,


    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali bang, usia kita-kita agak kesulitan menata, musti dari mana dulu, kebanyakan jadi bingung duluan hehehe..

      Salam manis

      Hapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dicari

Tips 2 Langkah Sangat Mudah Mengelola Gaji Harian

Peluncuran Rangkaian Make Up Martinez Profesional

Diamlah

MyRepublic, Anteng Streaming Berkat Internet Super Cepat

Cerita ABG Yang Menggairahkan