Perbedaan Itu Sangat Jauh

Hmm.. wedding anniversary..," kapan ya saya merayakannya? Rasa-rasanya belum pernah. Ya, walau pun Perbedaan Itu Sangat Jauh tidak pernah saya ataupun suami mengingat hal ini, konyol memang. Untungnya kami berdua tidak pernah mempermasalahkannya. Enjoy dengan keberadaan kami sekarang.


Sedikit cerita mengenai perjalanan rumah tangga.


Usia pernikahan kami memasuki yang ke 17 thn, anakku yang paling besar berumur 16 thn kelas 1 SMA, kedua 14 thn kelas 3 SMP dan yang paling kecil baru berusia 8 bln, jauh banget ya jarak usia dengan kakak kakaknya, (kebobolan) hehehe. Tentunya kami amat sangat bahagia dengan keberadaan anak-anak ini.

Usiaku terpaut sangat jauh dengan suami yaitu 16 thn, saya yang menikah diusia 21 thn dan suami kala itu 37 thn (tapi suami asli single lho), alias bujangan, hehehe.


Begitu memasuki mahligai rumah tangga *ceilee bahasanya* saya khususnya kaget dengan segala hal yang menyangkut perbedaan pola pandangan, sikap dan reaksi. Bagaimana tidak, suami yang perfeksionis, lemah lembut dan saya yang agak urakan dan sedikit tomboy kata orang..hihihi, juga sifat manja tidak hilang sampai sekarang. Ahh..Perbedaan Itu Sangat Jauh tapi beruntung aku mendapatkan suami yang penyabar, pendiam dan penuh kasih sayang.

Berselisih paham !? tentu itu yang kerap kami lalui, terlebih saat memasuki usia pernikahan ke 10 thn. Banyak godaan, entah itu ekonomi, anak dan karakter masing masing yang kadang tak mau mengalah, egois. Saya yang selalu bertindak cepat dan suami lemah lembut kadang menjadi penyebab perselisihan.



Tapi itu dulu, kini seiring berjalannya waktu, masing-masing dari kami mulai mampu menyingkapi perbedaan yang ada.Dan ini ada 5 hal yang saya lakukan supaya perbedaan itu tak menyebabkan runtuhnya ikatan pernikahan dan insya Allah langgeng :



1. Jika suami marah saya yang diam

2. jika suami menyalahkan bila terjadi sesuatu saya juga diam, menunggu waktu yang tepat untuk mengutarakan penjelasan dari saya.

3. Jika saya melakukan kesalahan cepat cepat meminta maaf

4. jika suami melakukan kesalahan dan berujung ardu argumen, saya yang duluan minta maaf.

5. saling memahami kelemahan dan kekurangan.



Karena Perbedaan Itu Sangat Jauh, kadang logika akan suatu hal tidak bisa diterima. Untuk itu disinilah saya sebagai istri dituntut lebih mengalah dan menjadi pembela saat suami mengalami masalah. Sedikit terkesan Tidak adil?! kata orang. Tapi menurutku sangat adil, karena Allah menyatukan sepasang manusia supaya mampu saling melengkapi, mensyukuri apa yang ada. Dan satu hal lagi yang selalu kulakukan adalah, mencoba untuk terus jatuh cinta sama suami..hihihi. Indah ternyata merasakannya. Karena jurus ini menurutku mampu menolak pihak ketiga dan melanggengkan keharmonisan. Karena pernikahan bagi saya adalah sarana ibadah. Dan segala sesuatunya saya kembalikan pada Allah SWT.




Komentar

  1. terima kasih utk partisipasinya mb Yuli

    Saya ikuti sarannya mb Yuli ya, biar bisa tetap bijaksana menyikapi perbedaan yg ada. Juga terima kasih utk doanya, semoga segala kebaikan di dalam doa itu dikembalikan secara berlipat ganda oleh Allah SWT mba. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahh, so sweet.. monggo diikuti mudah mudahan cocok mba uniek yaa..

      Hapus
  2. akhirnya bisa menyatukan dua sikap dari dua usia yang berbeda itu memang sungguh luarbiasa...selamat berlomba ya...semoga menjadi yang terbaik....salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bang, memang berat pada awalnya, namun begitu dijalani asik juga.. hehehe
      tq ya bang. aminn atas doanya.

      Hapus
  3. sukses GA nya mbak....., aku dah lama gak ikut beginian..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih nov, ayoo kenapa ga ikutan..? :D

      Hapus
  4. Tips sederhana tapi InsyaAllah sangat bermanfaat..usia pernikahan kami baru akan memasuki usia yg ke 7 ..saling mendoakan ya mbak Yuli, semoga kami juga langgeng...
    آمينَ.آمينَ.آمينَ... يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
    Tks yaa...

    BalasHapus
  5. Tentu kita harus saling mendoakan ya mas Anton.. jadilah pemimpin yang mampu memimpin secara bijaksana.
    salam hangat

    BalasHapus
  6. Mantap,pokoknya saling mengisi,melengkapi ya jeng
    Semoga berjaya dalam GA
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih suportnya mas.. saling melengkapi pula kita dalam persahabatan.
      salam hangat dari Bandung

      Hapus
  7. Wah ternyata 17 tahun toh... selamat deh..
    semoga tetep rukun2 ya mbak Yuli..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi mas...hihihi saya masih 17 tahun ko..*dulu*
      amiin tas doanya

      Hapus
  8. Apa kabar mbak Yuli? Lama tak bersapa ya.
    Tips menjaga pernikahannya memang jitu deh. Pengalaman memang lebih bisa dibagikan nyata ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haiii, miss u mba Niken. Loh, ga ikutan GA juga nih? hihihi.. Benar mba Niken karena pengalamanlah yang bisa mendewasan pola pikir..*aduuh jadi malu*
      salam sayang buat mba Niken ma keluarga ya..

      Hapus
  9. GA-nya mbak uniek inih emang bagus banget, sy jadi bisa menelusur blog2 lain dan menyerap tipsnya. Makasih sharingnya mbak yuli. saya cata. sangat berharga buat kami yang baru 5 tahun. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mba umi... kita bagi bagi pengalaman. ya siapa tahu bisa berguna buat sahabat juga..
      salam sayang dari Bandung

      Hapus
  10. Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah ya mbak

    #lah kok kayak ucapin selamat ke manten anyar yo hehehe

    sukses GA-nya mbak Yul...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebalik kaleee...*ngikik* ah si uncle ini.. selamet deh yaa, menempuh hidup baru..hehehe

      Hapus
  11. Nah, warna gini kan enak dipandang,nyaman di hati dan lebih memanjakan pengunjung jeng.
    Terima kasih
    Semoga sukses dengan GAnya
    Salam sayang dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, saran pakdeh nih.. makasih masukannya, loh..
      salam sayang juga dari bandung

      Hapus
  12. waw..17 tahun... kalau saya seper berapanya tu ya..he2
    bener mbak... semakin lama menikah , semakin mampu kita memahami sifat masing2...
    sukses ya mbak...

    BalasHapus
  13. ah, novi rajin banget BW-nya.. hehehe. iya nov, seiring perjalanan waktu. Kuatkan hati dari segala cobaan dan musibah, terutama dari pertengkaran. hehehe.. *lho, ga mudeng niy*..

    BalasHapus
  14. "mencoba untuk terus jatuh cinta sama suami."

    Suka sama kalimat ini...kayaknya memang harus gini ya mba..
    Salam kenal :)

    BalasHapus
  15. Tips yang InsyaAllah berguna. Sukses GA nya ya....

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dicari

Tips 2 Langkah Sangat Mudah Mengelola Gaji Harian

Peluncuran Rangkaian Make Up Martinez Profesional

Diamlah

Inovasi Balitbang PUPR Ciptakan Lingkungan Sehat

14 Perbedaan Cara Senyum Orang Rusia dan Indonesia